Clava Menang Duplicate Dish Papeda Ikan Kuah Kuning MasterChef Indonesia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 24 Oktober 2020 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 298 2298992 clava-menang-duplicate-dish-papeda-ikan-kuah-kuning-masterchef-indonesia-zlA2A6QSyr.jpg Clava MasterChef Indonesia Season 7. (Foto: YouTube MasterChef Indonesia)

CLAVA menjadi kontestan MasterChef Indonesia Season 7 yang berhasil memenangkan tantangan pertama di pekan ketiga dengan membuat duplicate dish yakni papeda ikan kuah kuning buatan Chef Ragil Imam Wibowo. Ia berhasil memukau keempat dewan juri dengan rasa makanannya yang paling seimbang dibandingkan kontestan lain.

Sebelum memulai tantangan, Chef Ragil mendemokan cara membuat papeda ikan kuah kuning kepada 15 kontestan. Chef Ragil memulai dari cara fillet ikan yang benar, proses memasaknya, hingga plating-nya. Para peserta harus menduplikasi dish dengan looks, tekstur, tampilan, dan rasa yang mirip dengan milik Chef Ragil.

Baca juga: Papeda Ikan Kuah Jadi Tantangan Pembuka Pekan Ketiga MasterChef Indonesia 

Selain mendapat tantangan untuk menduplikasi masakan yang tidak mudah, kontestan juga berpacu dalam waktu. Juri hanya memberikan waktu selama 60 menit untuk membuat duplikasi papeda ikan kuah kuning buatan Chef Ragil dengan bahan-bahan yang sudah disediakan di setiap station peserta.

Tantangan papeda ikan kuah kuning Chef Ragil. (Foto: Instagram @masterchefina)

Kontestan dilarang mengambil bahan tambahan apa pun ke dalam pantri dan hanya boleh menggunakan bahan baku yang disediakan. Selain itu, perlengkapan memasak juga dibatasi jumlah penggunaannya.

Baca juga: Rasa Asin Papeda Ikan Kuah Kuning Jadi Kesulitan Kontestan MasterChef Indonesia 

Pada tantangan kali ini Clava menjadi kontestan yang makanannya dinilai paling mendekati milik Chef Ragil. Rasa kuah kuning yang seimbang, yakni tidak terlalu asam dan asin, serta rasa kaya bumbu menjadi nilai lebih bagi Clava.

Ukuran potongan berbagai bahan makanan serta plating-nya pun sudah sangat baik, dengan kematangan ikan yang pas. Mahasiswi cantik ini hanya mendapat sedikit komentar dari juri, sehingga ia meluncur dengan mulus sebagai pemenang.

Sebagai pemenang, Clava mendapat kesempatan memilihkan ikan kepada 14 kontestan lainnya. Ia diizinkan memanggil satu per satu kontestan. Apabila kontestan tersebut benar dalam menjawab, maka boleh membawa ikan itu dan mengolahnya. Namun apabila salah, maka kontestan akan kembali ke barisan dan mendapatkan ikan yang dipilih Clava.

Sebagai seorang pemenang, Clava mendapat keuntungan untuk tidak mengikuti tantangan kedua. Selain itu, Clava juga berkesempatan memilih empat kontestan lainnya untuk tidak mengikuti tantangan memasak ikan. Keempat kontestan yang dipilih Clava adalah Yuri, Yuli, Jerry, dan Risma.

Baca juga: Gaya Chef Juna Pakai Kemeja Dikancingin Sampai Atas, Cool Banget! 

MasterChef Indonesia Season 7. (Foto: MeTube RCTI)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini