Hari Polio Sedunia, Ini Pesan Khusus dari WHO

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 24 Oktober 2020 20:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 481 2298948 hari-polio-sedunia-ini-pesan-khusus-dari-who-comTNQvito.jpg Ilustrasi Hari Polio Sedunia. (Foto: Aaas)

HARI Polio Sedunia diperingati pada 24 Oktober setiap tahunnya. Ini adalah pengingat bahwa vaksin telah berhasil melawan penyakit polio dan dapat mewujudkan tujuan yang luar biasa ketika pemerintah, petugas kesehatan, komunitas, dan mitra berkumpul bersama.

Para peneliti telah bekerja tanpa lelah untuk membuat Afrika terbebas dari polio dengan inovasi seperti teknologi sistem informasi geografis yang digunakan untuk memerangi penyakit ini. Sekarang dunia kembali mendapat tantangan kesehatan untuk memberantas virus corona (covid-19) yang mewabah.

Baca juga: Selamat Ya! Kini Papua Bebas KLB Polio 

Sebagaimana dilansir Relief Web, Sabtu (24/10/2020), meski sudah ada vaksinnya, masih ada pekerjaan yang harus dilakukan untuk menangani polio. Sebanyak 16 negara Afrika tengah menghadapi wabah polio tahun ini. Mereka berbentuk penyakit langka yang menyerang anak-anak yang belum dilindungi oleh vaksinasi polio.

Ini dikenal sebagai virus polio yang diturunkan dari vaksin yang bersirkulasi atau cVDPV. Oleh karena itu kampanye vaksinasi berkualitas tinggi dilakukan dan beberapa wabah berhasil dihentikan pada awal 2020.

Untuk mengurangi risiko persebaran di masyarakat, kampanye vaksinasi dihentikan sementara pada Maret 2020. Namun para pemimpin negara terkait menyadari bahwa mereka tidak dapat melakukannya. Mereka menunggu hingga keadaan darurat covid-19 berakhir untuk menyelesaikan perang melawan polio.

Baca juga: Terpaksa Bepergian, Ikuti Tips Ini agar Terhindar dari Covid-19 

World Health Organization (WHO) Regional Director Afrika, dr Matshidiso Moeti, mengatakan bahwa pihaknya telah bekerja sama dengan mitra Global Polio Eradication Initiative untuk melanjutkan kembali kampanye pada Juli lalu. Namun, kampanye dilakukan dengan tindakan keamanan bagi para pemberi vaksin dan komunitas. Sejauh ini 35 juta anak telah divaksinasi di 13 negara Afrika.

"Hasil ini adalah kabar yang sangat menggembirakan. Ini menjadi bukti bahwa hasil terbaik bisa dicapai saat bekerja sama dengan tekad dan inovasi. Rencana ke depan dalam perang melawan polio, vaksin akan ditingkatkan dan dikenal sebagai vaksin polio oral novel tipe 2 atau nOPV2," terang dr Moeti.

Vaksin ini segera diluncurkan dan sistem pengawasan yang kuat tetap sangat penting untuk mendeteksi kasus polio. Selain itu dr Moeti mengucapkan selamat dan terima kasih banyak kepada semua pihak yang telah membantu mengatasi polio, khususnya di Afrika.

"Pada Hari Polio Sedunia yang sangat istimewa ini, saya sekali lagi mengucapkan selamat dan terima kasih kepada pemerintah, komunitas, petugas kesehatan garis depan dan para penyintas polio, yang telah mengusir polio dari Afrika. Saya bangga kepada Anda," tuntasnya.

Baca juga: Hari Dokter Nasional, Intip Perjuangan Mereka Melawan Corona 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini