5 Buah Kaya Serat Ini Cocok untuk Anda yang Sedang Diet

Novie Fauziah, Jurnalis · Sabtu 24 Oktober 2020 17:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 481 2298959 5-buah-kaya-serat-ini-cocok-untuk-anda-yang-sedang-diet-gKrPgylgfH.jpg Buah-buahan. (Foto: Unsplash)

MENJALANKAN diet memanglah tidak mudah. Anda harus selektif memilih makanan yang akan dikonsumsi. Misalnya, makanan kaya serat dan vitamin yang cukup untuk kebutuhan tubuh. Mengonsumsi buah-buahan dapat menjadi makanan alternatif bagi Anda yang sedang diet.

Baca juga: Cegah Kekurangan Mikronutrien, Rajin Makan Buah Tiap Hari Yuk 

Berikut ini lima jenis buah yang bisa dikonsumsi ketika sedang menjalankan program diet, dan tentunya baik untuk tubuh, sebagaimana dikutip dari laman Health Line, Sabtu (24/10/2020).

1. Pir (3,1 gram)

Pir menjadi salah satu buah yang memiliki banyak manfaat. Anda bisa mendapatkan serat 5,5 gram dalam pir mentah berukuran sedang, atau 3,1 gram per 100 gram.

Buah-buahan. (Foto: Tabrez Syed/Unsplash)

2. Stroberi (2 gram)

Stroberi jadi pilihan buah yang memiliki cita rasa segar. Di dalamnya mengandung banyak vitamin C, mangan, dan berbagai antioksidan kuat. Lalu kaya akan serat sebanyak 3 gram dalam 1 cangkir stroberi segar, atau 2 gram per 100 gram.

Baca juga: Daftar Makanan Bantu Anda agar Bisa Tidur Pulas 

3. Alpukat (6,7 gram)

Kemudian ada alpukat. Ini merupakan buah yang memiliki karbohidrat tinggi dan sarat akan lemak sehat. Jumlah serat di dalamnya yaitu 10 gram dalam 1 cangkir alpukat mentah, atau 6,7 gram per 100 gram.

Alpukat juga sangat tinggi vitamin C, kalium, magnesium, vitamin E, dan berbagai vitamin B. Buah ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

4. Apel (2,4 gram)

Buah yang kaya dengan serat selanjutnya adalah apel. Biasanya buah ini dijadikan jus atau campuran salad. Jumlah serat yang ada dalam buah ini yaitu 4,4 gram apel mentah berukuran sedang, atau 2,4 gram per 100 gram.

Baca juga: Jeruk Nipis Bantu Tingkatkan Sistem Pencernaan hingga Cegah Kanker 

5. Rasberi (6,5 gram)

Rasberi menjadi salah satu buah yang sangat bergizi dan rasanya sangat kuat. Di dalamnya sarat dengan vitamin C dan mangan.

Kandungan serat dalam buah ini yaitu satu cangkir rasberi mentah mengandung 8 gram serat, atau 6,5 gram per 100 gram.

Baca juga: 10 Buah yang Harus Dihindari Penderita Diabetes 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini