6 Manfaat Teh Kombucha untuk Kesehatan Tubuh

Novia, Jurnalis · Minggu 25 Oktober 2020 09:27 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 481 2299031 teh-kombucha-baik-untuk-kulit-ketahui-dulu-6-hal-ini-sebeu-HKgfVSsFfd.jpg Ilustrasi teh (Foto: Freepik)

Siapa yang tidak suka kulit mulus? Semua orang pasti mau mempunyai kulit yang mulus. Ada perawatan kulit terbaru yang sudah bermunculan di mana-mana yaitu Kombucha.

Kombucha biasa dikenal dengan teh jamur karena telah melalui fermentasi. Minuman berkarbonasi kultus ini belakang menjadi populer karena banyak manfaatnya. Berikut manfaat Kombucha seperti dikutip dari Thehealthsite, Minggu (25/10/2020).

1. Vitamin B

Ketika ragi memecah gula selama fermentasi, vitamin dan mineral tertentu diproduksi, termasuk vitamin B seperti B2, B6 dan B12, yang baik untuk kulit. Vitamin B sangat penting untuk memelihara dan memproduksi sel-sel baru dan sehat. Minum teh Kombucha akan membantu kulit Anda bersinar dan memperkuat rambut dan kuku Anda

Kombucha Tea

Baca juga: Sudah Tidur 8 Jam tapi Masih Lelah, Mungkin Ini Penyebabnya

2. Probiotik

Kombucha kaya akan probiotik - jenis bakteri yang meningkatkan kesehatan kulit dan membuat kulit Anda bersinar alami. Probiotik membantu memperkuat kemampuan alami kulit untuk melindungi diri dari kerusakan akibat stres alami.

3. Vitamin C

Kombucha mengandung lebih banyak vitamin C ketimbang jeruk, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di Perpustakaan Online Wiley. Vitamin C adalah antioksidan yang melindungi sel kulit dari kerusakan radikal bebas yang digunakan oleh paparan sinar UV. Ini juga menghambat produksi melanin, yang membantu meratakan warna kulit dan meningkatkan radiasi kulit.

4. Antioksidan

Teh kombucha mengandung antioksidan yang menyerang radikal bebas yang memecah sel Anda lebih cepat, yang mengakibatkan penuaan. Kulit kita mulai kehilangan elastisitas dan kerutannya seiring bertambahnya usia, tetapi mengonsumsi minuman yang kuat ini dapat menangkal prosesnya dan membuat Anda memiliki kulit yang lebih baik serta mengurangi tanda-tanda penuaan.

5. Sifat Antimikroba

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa teh Kombucha mengandung sifat antimikroba karena proses fermentasinya. Ini menghambat pertumbuhan mikroorganisme berbahaya yang menyebabkan masalah kesehatan. Ini sangat penting untuk kesehatan kulit, karena banyak jenis infeksi kulit, termasuk jerawat, kutu air, selulitis, yang disebabkan oleh bakteri atau jamur.

Ilustrasi teh 

6. Hidrasi Kulit

Karena dikonsumsi dalam bentuk cair, minuman ini menghidrasi tubuh dan kulit. Sifat hidrasinya berkontribusi dalam mengurangi garis-garis halus dan tanda-tanda penuaan lainnya. Teh kombucha memiliki banyak manfaat kesehatan untuk kulit, dan tidak ada bukti yang menunjukkan bahwa itu berbahaya bagi kulit.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini