Musim Hujan, Waspada Norovirus Semakin Menyebar

Novie Fauziah, Jurnalis · Minggu 25 Oktober 2020 00:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 24 612 2299051 musim-hujan-waspada-norovirus-semakin-menyebar-YXVk5F8HzZ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

MUSIM hujan memang identik dengan penyakit, lantara cuaca dingin dan lembap. Ada beberapa penyakit yang kerap menjadi langganan di musim hujan.

Salah satu penyakit yang makin mudah menyebar adalah norovirus. Promkes Kementerian Kesehatan menyebutkan, Norovirus adalah virus flu perut yang dapat menular.

Pakar Kesehatan dr Ari Fahrial Syam, SpPD, menerangkan bahwa Indonesia pernah mengalami kasus Norovirus ini. Itu tertera dalam laporan studi yang baru saja dipublikasi di Jurnal of Medical Virology Mei lalu.

norovirus

Norovirus sendiri merupakan anggota dari virus Caliciviridae. Ketika seseorang terinfeksi virus ini, akan menyebabkan radang lambung atau usus yang disebut dengan gastroenteritis akut.

Ditambahkan dr Ari, Norovirus bisa menginfeksi seseorang itu kebanyakan melalui makanan atau 'food borne'. "Secara umum, gejala yang timbul ketika seseorang mengalami keracunan makanan yang terpapar Norovirus antara lain demam, nyeri perut, diare, mual, dan muntah," papar dr Ari.

Baca Selengkapnya: Norovirus Ada di Indonesia, Apakah Mengancam Nyawa?

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini