Bayam hingga Brokoli Bantu Tingkatkan Imunitas Tubuh di Tengah Pandemi

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 25 Oktober 2020 10:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 481 2299174 bayam-hingga-brokoli-bantu-tingkatkan-imunitas-tubuh-di-tengah-pandemi-nhlJvvUI4Y.jpg (Foto: Yumsugar)

Pandemi Covid-19 masih melanda dunia, termasuk Indonesia. Untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh, ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi.

Makanan untuk meningkatkan imunitas tubuh itu beragam, mulai dari sayuran bayam hingga brokoli. Dikutip dari Medical News Today, berikut makanan yang bisa tingkatkan imunitas.

Bayam

Bayam juga merupakan salah satu makanan yang dapat meningkatkan sistem imunitas tubuh karena mengandung banyak nutrisi penting seperti antioksidan, flavonoid, vitamin C, dan vitamin E yang dapat membantu mendukung sistem kekebalan tubuh.

Penelitian juga menunjukkan bahwa flavonoid dapat membantu mencegah flu pada orang sehat.

Dark chocolate

Dark chocolate mengandung antioksidan yang disebut theobromine yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan dengan melindungi sel-sel tubuh dari radikal bebas.

Radikal bebas adalah molekul yang diproduksi tubuh ketika memecah makanan atau bersentuhan dengan polutan. Radikal bebas dapat merusak sel-sel tubuh dan dapat berkontribusi pada penyakit.

Terlepas dari potensi manfaatnya, dark chocolate memiliki kalori dan lemak jenuh yang tinggi sehingga penting untuk memakannya dalam jumlah yang pas.

Ubi jalar

Ubi jalar kaya akan beta karoten. Ini merupakan sejenis antioksidan yang dapat membuat kulit mereka berwarna oranye. Beta karoten adalah sumber vitamin A yang dapat membantu mendapatkan kulit yang sehat serta memberikan perlindungan terhadap kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet (UV).

 Untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan imunitas tubuh, ada beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Buatan Universitas Oxford Picu Kekebalan Tubuh yang Kuat

Bawang putih

Selain menggunakannya sebagai bumbu, bawang putih juga sering dijadikan obat rumahan untuk mencegah pilek dan penyakit lainnya. Ini karena bawang putih mengandung allicin yang dapat mengurangi risiko masuk angin.

Brokoli

Brokoli merupakan salah satu makanan yang menjadi sumber vitamin C. Sayuran ini mengandung antioksidan yang kuat seperti sulforaphane. Karenanya, sayuran ini merupakan pilihan yang baik untuk dikonsumsi secara teratur guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini