10 Makanan untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh, Apa Saja?

Adella Christyanti, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 08:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 25 481 2299381 10-makanan-untuk-tingkatkan-kekebalan-tubuh-apa-saja-t1g4aLSv49.jpg (Foto: Shutterstock)

Makanan yang Anda konsumsi dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat. Dengan mengonsumsi makanan yang sehat, diharapkan imunitas tubuh meningkat sehingga bisa menangkal berbagai penyakit, termasuk virus corona atau Covid-19.

Salah satu kunci menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh adalah konsumsi vitamin C. Dengan sistem imun yang baik, tubuh diharapkan mampu melawan berbagai penyakit.

Anda bisa memakan buah-buahan serta sayur-sayuran untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dilansir Healthline, berikut 10 makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

Buah Jeruk

Kebanyakan orang langsung beralih ke vitamin C setelah terserang flu. Ini membantu membangun sistem kekebalan Anda. Selain itu vitamin C dianggap meningkatkan produksi sel darah putih, yang merupakan kunci untuk melawan infeksi.

Perlu diingat bahwa meskipun vitamin C dapat membantu Anda pulih dari flu lebih cepat, belum ada bukti bahwa itu efektif melawan virus corona baru, SARS-CoV-2.

Paprika merah

Kebanyakan orang akan berpikir kalau paprika itu adalah pedas dan sayuran paling kurang disukai. Namun ternyata paprika merah ini justru mengandung hampir 3 kali lebih banyak vitamin C. Mereka juga kaya akan sumber beta karoten.

Selain meningkatkan sistem kekebalan Anda, vitamin C dapat membantu Anda menjaga kesehatan kulit. Beta karoten, yang diubah tubuh Anda menjadi vitamin A, membantu menjaga kesehatan mata dan kulit Anda.

Brokoli

Brokoli kaya akan vitamin dan mineral. Dikemas dengan vitamin A, C, dan E, serta serat dan banyak antioksidan lainnya, brokoli adalah salah satu sayuran tersehat yang bisa Anda taruh di piring Anda. Untuk mempertahankan kekuatannya adalah dengan memasaknya sesedikit mungkin - atau lebih baik lagi, tidak sama sekali.

Bawang putih

Bawang putih ditemukan di hampir setiap masakan di dunia. Ini menambah sedikit tenaga pada makanan dan itu harus dimiliki untuk kesehatan Anda. Bawang putih juga dapat memperlambat pengerasan arteri, dan terdapat bukti lemah bahwa bawang putih membantu menurunkan tekanan darah.

Jahe

Jahe adalah bahan lain yang banyak digunakan setelah sakit. Jahe dapat membantu mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit inflamasi. Jahe juga dapat membantu meredakan mual.

 Makanan yang Anda konsumsi dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap kuat.

Baca juga: Vaksin Covid-19 Buatan Universitas Oxford Picu Kekebalan Tubuh yang Kuat

Yogurt

Yogurt juga bisa menjadi sumber vitamin D yang bagus, jadi cobalah untuk memilih merek yang diperkaya dengan vitamin ini. Vitamin D membantu mengatur sistem kekebalan dan dianggap meningkatkan pertahanan alami tubuh kita terhadap penyakit.

Pepaya

Pepaya adalah buah lain yang mengandung vitamin C. Anda dapat menemukan doubleTrusted Source jumlah vitamin C yang direkomendasikan setiap hari dalam satu buah berukuran sedang. Pepaya juga memiliki enzim pencernaan yang disebut papain yang memiliki efek antiinflamasi.

Kiwi

Seperti pepaya, kiwi secara alami penuh dengan banyak nutrisi penting, termasuk folat, kalium, vitamin K, dan vitamin C. Vitamin C meningkatkan sel darah putih untuk melawan infeksi, sementara nutrisi kiwi lainnya menjaga seluruh tubuh Anda berfungsi dengan baik.

Sup Ayam

Saat Anda sakit dan Anda makan sup ayam, itu lebih dari sekadar efek plasebo yang membuat Anda merasa lebih baik. Sup dapat membantu menurunkan peradangan, yang dapat meredakan gejala pilek. Kaldu yang dibuat dengan merebus tulang ayam mengandung gelatin, kondroitin, dan nutrisi lain yang bermanfaat untuk penyembuhan usus dan kekebalan.

Kunyit

Anda mungkin tahu kunyit sebagai bahan utama dalam banyak kari. Bumbu pahit berwarna kuning cerah ini juga telah digunakan selama bertahun-tahun sebagai anti-inflamasi dalam mengobati osteoartritis dan rheumatoid arthritis. Kunyit ternyata juga bisa dapat membantu mengurangi kerusakan otot akibat olahraga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini