Vivi Zubedi Pamerkan Kain Sasirangan dan Tenun di Fashion Week Rusia

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 21:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 194 2299936 vivi-zubedi-pamerkan-kain-sasirangan-dan-tenun-di-fashion-week-rusia-9v1wpSvyvq.jpg Vivi Zubedi. (Instagram/vivizubedi)

VIVI Zubedi membawa kain sasirangan dalam ajang Marcedes Benz Fashion Week 2020 di Moskow, Rusia. Desainer modest fashion tersebut bahkan menampilkan karya indahnya secara virtual.

Kesempatan ini adalah panggung virtual internasional pertama Vivi Zubedi di era pandemi Covid-19. Desainer keturunan Timur Tengah ini pun menuangkan karya modest fashion dengan budaya Indonesia.

 

Dalam panggung MBFW 2020 pada 23 Oktober 2020, Vivi Zubedi menampilkan Archipelago series Humbanua. Vivi mengusung 2 kain daerah, Sasirangan dan tenun Sumba.

Kain Sasirangan dan tenun didapat Vivi dari UMKM di Banjarbaru. Vivi sejak lama sudah berkolaborasi dengan UMKM di bawah Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) dan IKRA Indonesia.

Vivi mengatakan, dirinya sangat jatuh cinta dengan kain khas Borneo yang punya makna dengan misteri filosofi. Lalu ia juga melihat kekuatan juga keramahan yang dihadirkan oleh masyarakat Sumba melalui tenunnya.

"Total baju yang dibawa untuk peragaan busana kali ini adalah 6 exclusive pieces," ungkap Vivi lewat keterangan resminya.

Sebanyak 6 busana tersebut kontras dengan warna hitam, maroon, biru dan ungu. Vivi pun membuat potongan busana sesuai tren masa kini. Busana tersebut menjadi sangat cocok dipadupadankan dengan kegiatan sehari-hari

Menurutnya, walaupun pandemi Covid-19 bukan berarti menghalangi siapapun dalam melanjutkan karya dan roda ekonomi. Setidaknya, seseorang harus jeli melihat peluang untuk berkarya agar roda ekonomi tidak mati.

"Masa pandemi bukan berarti berhenti berkarya di sini. Seperti saya menggabungkan kain daerah dan signature monogram, respon masyarakat mudah-mudahan baik dan dapat diterima secara global," pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini