Mau yang Segar, Bikin Es Bongko Cincau Santan Gulmer Yuk

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 298 2299758 mau-yang-segar-bikin-es-bongko-cincau-santan-gulmer-yuk-BynNyYgIg4.jpg Es Bongko Cincau Santan Gulmer (Foto: Facebook Raja Resep)

Musim hujan bukan berarti Anda tidak boleh mengonsumsi makanan dingin, jika terdapat khasiat di dalamnya mengapa tidak. Es cincau misalnya, dessert satu ini memiliki manfaat lho untuk tubuh.

Ahli gizi dari Persatuan Gizi Indonesia (Persagi), Dr. Rita Ramayulius, DCN, M. Kes. mengatakan, daun cincau asli memiliki efek mendinginkan tubuh.

"Cincau memberi efek mendinginkan yang sangat baik. Namun perlu dicatat, yang memberi manfaat hanyalah cincau asli tanpa campuran bahan kimia," jelasnya.," kata Ahli gizi dari Persatuan Gizi Indonesia (Persagi), Dr. Rita Ramayulius, DCN, M. Kes. kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Nah salah satu olahan cincau yang bisa Anda nikmati adalah es bongko cincau santan gulmer (gula merah) yang segar seperti dikutip dari facebook Raja Resep, ini cara membuatnya.

 cincau

Bahan bongko:

-100 gram tepung hunkwe warna putih

-200 cc santan kental instan

-500 cc jus pandan air (500 cc air + 7 lembar daun pandan diblender lalu disaring)

-80 gram gula pasir

-1/2 sendok teh garam

Bahan kuah:

-1 liter air

-200 cc santan kental instan

-200 gram gula jawa disisir

-100 cc susu kental manis

-5 lembar daun pandan, diikat

-Sejumput garam

 Baca juga: 5 Potret Pernikahan Kevin Aprilio-Vicy Melanie Penuh Haru dan Kebahagiaan

Bahan pelengkap:

-500 gram cincau, diserut

-1 cup nangka dipotong dadu

-Es batu secukupnya

Cara membuatnya:

1. Pertama siapkan untuk membuat bongko: campur semua bahan jadi satu. Masak sambil diaduk terus menggunakan whisk hingga meletup-letup.

2. Kemudian tuang adonan bongko ke dalam loyang yang sudah dialasi plastik. Dinginkan, lalu potong-potong sesuai selera.

3. Lalu siapkan untuk kuah, pertama rebus semua bahan kuah jadi satu sampai mendidih sambil diaduk terus agar santan tidak pecah. Matikan api, masukkan nangka dan dinginkan.

4. Cara penyajiannya, susun potongan bongko dan cincau serut di mangkok, tuang kuah dan tambahkan es batu. Lalu sajikan selagi dingin, selamat mencoba ya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini