Bioskop Kembali Buka, Ini Aturan yang Wajib Dipatuhi Menurut Epidemiolog

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 481 2299544 bioskop-kembali-buka-ini-aturan-yang-wajib-dipatuhi-menurut-epidemiolog-efrklfhESV.jpg Pandemi Covid-19 (Foto: Doctissimo)

Setelah tutup selama beberapa bulan lamanya, sebagian bioskop kembali beroperasi selama pandemi virus corona Covid-19. Ini tentu menjadi angin segar bagi masyarakat yang sudah menantikan hiburan usai menjalani Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Meski sudah kembali beroperasi, namun para pengunjung disarankan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan yang berlaku. Hal ini dilakukan dalam upaya menghindari lonjakan kasus penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat.

 nonton bioskop

Epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman mengatakan, jika suatu bioskop memiliki banyak teater, maka tidak bisa dibuka sekaligus namun bergantian dan diberi jeda selama beberapa menit. Tujuannya adalah agar tidak terjadi antrian dan kerumunan.

“Pemerintah daerah harus menyampaikan pesan ke setiap tempat wisata untuk memberitahu daerah dengan tingkat risiko penularan Covid-19. Kalau bioskop pastikan yang nonton di tempat itu harus orang yang daerah situ juga,” terang Dicky, dalam Live Streaming Okezone “Antisipasi Klaster Libur Panjang”.

Selain itu Dicky juga mengingatkan masyarakat dan juga pihak pengelola bioskop untuk memastikan terlebih dahulu identitas pengunjung yang membeli tiket. Bioskop sebaiknya melayani pembelian tiket dimana pengunjung diwajibkan menonton tepat di hari yang sama dan dilarang booking untuk hari lain.

“Karena harus discreening dulu, apakah dia sehat atau ada keluhan lain. Jadi interaksi mobilitas itu harus dalam aturan. Selain itu petugas juga harus bisa membersihkan bioskop yang harus dibersihkan selama jeda sebelum film selanjutnya,” lanjutnya.

Dicky juga menyarankan edukasi terhadap para karyawan sangat penting untuk dilakukan. Terlebih bagi mereka yang bertugas membersihkan dan menjaga kebersihan area bioskop.

 Baca juga: 5 Potret Pernikahan Kevin Aprilio-Vicy Melanie Penuh Haru dan Kebahagiaan

“Mereka juga harus tahu kalau sabun harus tersedia. Bahkan komposisis sabunnya juga harus tahu, jangan banyak dicampur air. Ini harus ada edukasi dan di training dengan para petugas,” tandasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini