Turunkan Berat Badan, Berapa Kalori yang Harus Dikonsumsi per Hari?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 16:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 481 2299680 turunkan-berat-badan-berapa-kalori-yang-harus-dikonsumsi-per-hari-BRUNklQDhK.jpg Ilustrasi (Foto : Timesofindia)

Menciptakan defisit kalori adalah langkah penting pertama untuk menurunkan berat badan. Secara sederhana, menciptakan defisit kalori berarti membakar lebih banyak kalori daripada yang Anda konsumsi dalam sehari.

Jadi, jika Anda adalah seseorang yang sedang berusaha menurunkan berat badan, berikut ini tepatnya berapa kalori yang harus Anda konsumsi dalam sehari.

Jawabannya bisa tergantung pada berbagai faktor termasuk usia, tinggi badan, berat badan, tingkat aktivitas, kesehatan metabolisme dan beberapa faktor lainnya.

Diet Sehat

Melansir Times of India, seorang wanita yang cukup aktif berusia antara 26-50 tahun perlu makan sekitar 2000 kalori per hari untuk mempertahankan berat badan idealnya.

Aturan umum saat mencoba menurunkan berat badan adalah mengurangi asupan kalori hingga 500 kalori lebih sedikit daripada yang dibutuhkan tubuh untuk mempertahankan berat badan saat ini. Melakukan ini akan membantu Anda menurunkan 0,45 kilogram berat badan per minggu

Wanita yang aktif dan berjalan kaki sekitar 5 kilometer per hari perlu mengonsumsi 2.200 kalori atau sedikit lebih untuk menjaga berat badan hariannya.

Perkiraan ini tidak berlaku untuk wanita yang sedang hamil dan menyusui, karena mereka membutuhkan lebih banyak kalori untuk kesehatan mereka dan bayi.

Baca Juga : Anya Geraldine Tampil Menggoda Terbalut Kain Transparan : Call Me Lingling

Sedangkan pria yang cukup aktif dan berusia antara 26-45 tahun membutuhkan sekitar 2600 kalori per hari untuk menjaga berat badannya. Sama seperti wanita, pria juga perlu mengurangi asupan kalori hingga 500 kalori untuk mengurangi berat badan.

Pria yang aktif dan berjalan setiap hari membutuhkan 3.000 kalori untuk menjaga berat badannya. Pria-pria ini juga perlu mengurangi jumlah kalori yang sama (500), untuk menurunkan berat badan.

Sementara anak-anak memiliki kebutuhan kalori yang berbeda berdasarkan usia, jenis kelamin dan tingkat aktivitas sehari-hari.

Balita membutuhkan 1.200-1400 kalori per hari, sedangkan remaja membutuhkan 2.000-2.800 kalori per hari. Remaja aktif membutuhkan lebih banyak kalori. Sementara anak-anak yang bertambah usia dan melakukan aktivitas fisik tidak perlu menghitung kalori.

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini