Tidak Hanya untuk Dimakan, 6 Sayuran Ini Juga Bisa Jadi Bahan Perawatan Wajah

Novia, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 13:14 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 611 2299613 tidak-hanya-untuk-dimakan-6-sayuran-ini-juga-bisa-jadi-bahan-perawatan-wajah-ZZLHSZ1sWT.jpg Tomat untuk kecantikan (Foto: Pixabay)

Meskipun produk perawatan kulit yang tersedia secara komersial dapat membantu Anda mengatasi masalah kulit, namun sisi negatifnya produk tersebut mengandung banyak bahan kimia berbahaya.

Lebih baik menggunakan bahan-bahan alami seperti sayur- sayuran agar dapat mengatasi masalah kulit. Resep masker ini dapat membantu Anda melawan jerawat, ruam, kekeringan, dan lainnya.

 wortel

1. Wortel dan pasta kentang

Jika Anda memiliki riwayat ruam panas, wortel adalah solusi yang tepat. Beta karoten, senyawa yang ada dalam sayuran ini akan mempercepat proses penyembuhan dengan mengurangi peradangan. Sedangkan, kentang mengandung enzim yang disebut 'catecholase' yang membantu mencerahkan kulit dan menghilangkan flek hitam.

Caranya, potong satu wortel, satu kentang dan beberapa kubis menjadi potongan-potongan kecil. Rebus hingga lembut sebelum dihaluskan. Tambahkan satu sendok teh susu untuk membentuk pasta yang halus. Oleskan di wajah Anda, gosok dengan hati-hati dalam gerakan melingkar.

2. Jus lobak dan wortel

Lobak mengandung vitamin C, seng, dan fosfor dan itu harus menjadi bagian dari rutinitas perawatan kulit Anda jika Anda mengalami masalah seperti kekeringan, jerawat, dan ruam. Jus wortel juga bertindak sebagai agen anti-inflamasi dan membantu Anda menangkal jerawat dan ruam.

Caranya, ambil satu sendok teh jus lobak, satu sendok teh jus wortel, satu putih telur dan satu sendok teh tepung terigu. Campur semua bahan menjadi satu. Oleskan di area yang terkena dan biarkan selama 15 menit.

3. Tomat

Tomat kaya akan potasium, vitamin C, antioksidan seperti likopen dan juga sifat astringent. Tomat adalah pilihan terbaik untuk mengatasi berbagai masalah kulit seperti kerusakan akibat sinar matahari, kusam, penumpukan minyak, komedo hitam, dan sebagainya.

Caranya, hancurkan satu tomat dan tambahkan satu sendok makan jus lemon. Oleskan di wajah Anda dan biarkan mengering. Bilas bersih dengan air dingin setelah 15 menit.

4. Kentang

Ini adalah masker yang bagus untuk mereka yang memiliki masalah kulit kering karena kentang kaya akan potasium yang melembabkan dan melembabkan kulit Anda. Kentang juga dilengkapi dengan vitamin B6, yang meningkatkan pembentukan sel baru. Kalsium yang ada dalam kentang menyembuhkan masalah kulit kering.

Caranya, hancurkan kentang dengan baik dan campur dengan susu dingin. Pijat wajah Anda dengan lembut selama beberapa waktu. Biarkan selama 5 menit sebelum dibilas dengan air dingin

5. Masker wajah bit merah

Bit merah kaya akan vitamin C, bit bertindak sebagai agen penghalus kerut. Ini juga membantu Anda menghilangkan noda yang disebabkan oleh kerusakan akibat sinar matahari sekaligus memastikan warna kulit yang merata.

Caranya, kupas bit dan potong menjadi empat bagian. Tambahkan 2 sendok makan krim asam atau yoghurt. Campurkan semuanya dan masker Anda siap. Oleskan masker dengan lembut ke wajah Anda dan bilas setelah 15 menit.

Baca juga: 5 Potret Pernikahan Kevin Aprilio-Vicy Melanie Penuh Haru dan Kebahagiaan

 

6. Masker wajah mentimun

Mentimun adalah salah satu makanan paling populer untuk kecantikan dan perawatan kulit. Ini mengandung 80% air dan membantu melembabkan kulit Anda.

Caranya, haluskan mentimun yang baru dipotong. Saring jus dan peras lemon ke dalamnya agar Anda dapat menggunakannya nanti sebagai toner. Sekarang, oleskan mentimun tumbuk di wajah Anda dan biarkan selama sekitar 15 menit sebelum dicuci.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini