Pakai Warna Gelap untuk Cat Rumah, Siapa Takut!

Highend, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 19:04 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 612 2299587 pakai-warna-gelap-untuk-cat-rumah-siapa-takut-0HYDd7JWHs.jpg Ilustrasi Warna Monokrom di Rumah. (Foto: Highend)

WARNA gelap memang biasanya dihindari dalam pemilihan ruangan. Warna gelap memang memberikan kesan suram, dan jarang diaplikasikan dalam sebuah ruangan, apalagi di rumah.

Tapi, tren industrial dan monokrom yang saat ini beredar, membuat warna gelap mulai digunakan untuk furnitur maupun cat dinding. Nah, untuk menghilangkan kesan Gothic dan misterius, warna gelap dengan pencahayaan dan dekor yang tepat, malah bisa memberikan kesan elegan dan mewah bagi ruangan Anda loh.

Dengan pencahayaan dan penataan yang tepat, ruangan berwarna hitam dapat menciptakan kesan elegan dan estetik. Selain penambahan daun jendela, berikut sejumlah tips yang dapat membuat ruangan bercat hitam lebih cerah dan tampil modern:

warna gelap

Jangan Takut Tabrak Warna

Meskipun tone dasar ruangan berwarna hitam pekat, jangan takut untuk menambahkan warna-warna cerah seperti kuning, ungu dan merah lewat furnitur. Warna cerah yang kontras dengan hitam memberikan kesan bold dan modern.

 

Tambahkan Furnitur Berwarna Terang

Hal yang harus dihindari dari ruangan berwarna hitam adalah menciptakan kesan tertutup. Dengan penambahan furnitur dan aksesori berwarna terang, ruangan hitam tampak lebih ‘hidup’ dan artsy. Karpet putih dan lemari berwarna pastel dapat menyegarkan ruangan bernada gelap.

Cerahkan Ruangan dengan Lampu

Sudah menjadi trik utama jika ruang gelap harus diberi cahaya agar tampak lebih terang. Penggunaan lampu dapat membantu jika diletakan di sudut ruangan dan atap. Penggunaan hidden lamp dan lampu spot dapat mencerahkan ruangan sekaligus menunjang penataan ruang di malam hari.

Perbesar Ruangan dengan Cermin

Cat hitam dan gelap cenderung memberi kesan ruangan yang sempit. Dengan peletakkan cermin, ruangan terkesan lebar dan menciptakan kesan cerah. Letakkan cermin di lantai dan atas lemari yang menghadap ke jendela untuk memantulkan sinar matahari dan lampu.

Hidupkan Ruangan dengan Tanaman

Menambahkan benda hidup seperti tanaman indoor dapat membuat ruangan Anda tampak lebih hidup. Hindari tanaman bernada gelap dan pilihlah tanaman berwarna terang dan memiliki pola seperti Sansevieria dan tanaman jenis varigatta yang kontras dengan dinding hitam.

warna gelap

Bermain dengan Seni

Selain tanaman, Anda dapat meletakan karya seni seperti lukisan dan ilustrasi untuk memberi kesan vibrant. Lukisan abstrak, modern dan feminin dapat memberi kesan luas dan estetik yang menjadikan ruangan tampak indah meski berwarna hitam.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini