Sakit Perut Sebelah Kiri, Hati-Hati Gejala Cystitis hingga Batu Ginjal

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 16:29 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 612 2299660 sakit-perut-sebelah-kiri-hati-hati-gejala-cystitis-hingga-batu-ginjal-SODFGw3YXJ.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

SAKIT perut memang wajar terjadi karena berbagai sebab, tapi ada beberapa tempat yang patut diwaspadai jika sakit perut. Salah satunya adalah sakit perut sebelah kiri.

Nah, jika Anda mengalami sakit perut sebalah kiri, maka ini bisa menjadi pertanda sejumlah penyakit. Berikut penyakit yang ditandai dengan sakit perut sebelah kiri bawah, dilansir dari laman Boldsky.

Sembelit

Ketika Anda sembelit, ketidaknyamanan dan gas di perut, biasanya juga merasakan nyeri perut sebelah kiri bawah. Hal ini disebabkan oleh menumpuknya tinja di sistem pencernaan.

sakit perut

Infeksi saluran kemih (ISK)

Infeksi saluran kemih disebabkan oleh bakteri yang memengaruhi saluran kemih dan kandung kemih. Nah, biasanya, ketika ISK, Anda bisa merasakan sakit di bagian kiri bawah perut.

Cystitis

Sakit perut sebelah kiri bawah juga dapat disebabkan oleh kondisi bakteri lain yang memengaruhi sistem ekskresi, disebut cystitis. Kondisi ini juga dapat menyebabkan Anda sering buang air kecil.

Iritasi lambung

Sindrom iritasi lambung adalah suatu kondisi di mana usus meradang, menyebabkan sembelit dan diare. Sindrom iritasi lambung juga dapat menyebabkan nyeri perut sebelah kiri bawah, karena peradangan.

Batu ginjal

Ketika Anda menderita batu ginjal, infeksinya dapat memengaruhi perut sebelah kiri bawah dan panggul. Hal ini akan menyebabkan rasa sakit yang sangat tajam.

Crohn

Salah satu gejala utama dari penyakit crohn adalah sakit perut sebelah kiri bawah. Penyakit crohn adalah peradangan yang memengaruhi lapisan saluran pencernaan.

Kehamilan ektopik

Sakit perut sebelah kiri bawah pada wanita, bisa disebabkan oleh kehamilan ektopik. Hal ini merupakan suatu kondisi di mana janin tumbuh di dalam tuba falopi kiri, bukan rahim!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini