Jangan Anggap Remeh, Sakit Kepala Belakang Bisa Jadi Tanda Penyakit Ini

Novie Fauziah, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 612 2299704 jangan-anggap-remeh-sakit-kepala-belakang-bisa-jadi-tanda-penyakit-ini-hWS4KsFsBR.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

KEHUJANAN atau terkena matahari secara terus menerus, bisa membuat kita pusing. Memang, sakit kepala bisa terjadi karena beberapa sebab, tapi yang harus diketahui adalah sakit kepala di area tertentu bisa berkaitan dengan kondisi kesehatan orang.

Pada dasarnya, sakit kepala bisa menyerang di beberapa area. Nah, biasanya sakit kepala akan menyerang di daerah ubun-ubun, setengah bagian kepala, dan sisi depan kepala.

Namun bagaimana dengan sakit kepala di bagian kepala belakang? Sakit kepala servikogenik atau sakit kepala di bagian belakang kepala sering salah didiagnosis.

Sakit kepala servikogenik adalah satu kondisi sakit kepala yang disebabkan ketegangan otot yang menyebabkan rasa sakit sebagai hasil dari trauma atau cedera tulang leher. Berikut adalah penjabaran lebih lanjut penyebab sakit kepala di bagian belakang, seperti dilansir dari Healthmeup.

sakit kepala

Arteritis temporal

Kondisi ini bisa mempengaruhi mereka yang berusia di atas 50 tahun. Arteritis temporal terjadi karena peradangan dan kerusakan pembuluh darah yang memasok darah ke kepala.

Seseorang yang menderita ini akan merasakan sakit kepala berdenyut di salah satu sisi kepala dan kulit kepala. Pada kasus parah, jenis sakit kepala ini dapat menyebabkan kebutaan.

Perdarahan subarachnoid

Ini adalah suatu kondisi adanya kebocoran darah antara selaput yang menyelimuti otak. Sakit kepala di bagian belakang adalah gejalanya.

Oksipital neuralgia

Oksipital neuralgia adalah kondisi medis yang dapat terjadi saat saraf oksipital di belakang kepala mengalami kerusakan. Sakit kepala pada bagian belakang dapat terjadi karena adanya kerusakan atau peradangan akibat infeksi, osteoarthritis, bahkan tumor.

Migrain

Sakit kepala akibat migrain bisa melingkupi area yang besar, termasuk kepala bagian belakang. Adakalanya migrain dirasa sakit di bagian belakang kepala, sebelum kemudian menyebar ke bagian pelipis dalam hitungan detik.

Salah urat

Salah urat terjadi karena cedera leher yang disebabkan gerakan atau sentakan mendadak. Orang yang mengalami ini bisa merasakan sakit kepala di satu sisi kepala, dan rasa sakit kepala bisa menyebar ke bagian belakang kepala hingga ke dekat telinga.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini