6 Cara Efektif untuk Menghadapi Anak yang Suka Bertengkar

Adella Christyanti, Jurnalis · Senin 26 Oktober 2020 18:47 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 26 612 2299867 6-cara-efektif-untuk-menghadapi-anak-yang-suka-bertengkar-tXltR9SB16.jpg Anak suka bertengkar (Foto: Travis Agnew)

Anak-anak memang sering bertengkar apalagi sesama saudara kandung. Ada saja membuat keduanya tidak bisa akur. Jika anak-anak sudah bertengkar seperti ini, pasti orang tua merasa emosi, marah dan kesal.

Dalam prosesnya, mereka menjadi argumentatif, dan tingkat kesabaran orangtua menjadi terhenti, dan mereka tidak dapat memahami bagaimana menghadapi anak dan akhirnya berteriak.

Apakah hal itu pernah terjadi padamu? Pernahkah Anda memarahi anak Anda karena mereka suka bertengkar?

Nah, Ketika anak Anda di rumah bertengkar, ada beberapa cara yang perlu dilakukan orangtua untuk mengatasinya. Apa saja caranya? Berikut 6 cara untuk menghadapi anak yang suka bertengkar di rumah, dilansir dari The Healthside.

jangan berdebat

1. Jangan berdebat

Meskipun tampaknya sulit untuk menghindari pertengkaran saat anak Anda bersikap kasar secara tidak wajar, Anda harus mengendalikan amarah Anda. Pergilah dan tenangkan diri Anda, lalu tangani dengan benar setelah Anda dan anak Anda tenang.

2. Perlakukan anak Anda dengan baik

Orangtua adalah pengaruh utama bagi seorang anak. Cara Anda memperlakukan anak Anda akan berdampak besar pada perilaku mereka. Jadi, pastikan Anda memperlakukan mereka dengan baik dan menghormati mereka.

3. Biarkan mereka tahu konsekuensinya

Ajak mereka duduk dan biarkan mereka mengetahui konsekuensi dari pertengkaran dengan orangtua. Ini akan berguna saat anak Anda berdebat dengan Anda di lain waktu karena mereka akan mengetahui jenis hukuman yang akan mereka hadapi jika mereka berbicara dengan Anda dengan kasar.

4. Pahami maksud mereka

Sebelum Anda membuat asumsi bahwa anak Anda selalu argumentatif, pikirkan alasan di balik pertengkaran tersebut. Mungkin anak Anda sangat percaya pada sesuatu dan ingin menyampaikan maksud mereka tetapi tidak tahu caranya, jadi mereka berdebat. Cobalah untuk memahami perspektif mereka daripada berdebat dengan mereka karena mereka masih belajar

5. Mengajukan pertanyaan

Ketika anak Anda menolak untuk makan sesuatu, tanyakan kepada mereka, "Mengapa mereka tidak menyukainya?" "Menurut mereka, apa yang harus Anda lakukan?" Bercermin kembali dan mengajukan pertanyaan tidak hanya akan membantu menenangkan mereka tetapi juga membuat mereka tidak terlalu defensif karena mereka akan merasa bahwa mereka selalu didengar dan dipahami.

 Baca juga: 5 Potret Pernikahan Kevin Aprilio-Vicy Melanie Penuh Haru dan Kebahagiaan

6. Jadilah contoh yang baik

Contohkan perilaku yang ingin Anda lihat pada anak Anda. Ajari mereka bagaimana mengekspresikan diri dengan benar dan sopan. Beri tahu mereka kata-kata yang harus mereka gunakan, dan nada yang dianggap lebih hormat. Kebanyakan anak tidak tahu cara berkomunikasi dengan sopan, jadi Anda harus mengajari mereka cara menyampaikan pesan dengan sopan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini