Masak Bareng Luna Maya, Chef Juna Bagi Tips Manjangin Udang

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 11:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 298 2300162 masak-bareng-luna-maya-chef-juna-bagi-tips-manjangin-udang-gXfQiIZG2J.jpg Chef Juna masak bareng Luna Maya (Foto : YouTube/RCTI - Entertaiment)

Pencinta masakan Jepang tentu sudah sangat familiar dengan menu udang. Seafood satu ini punya rasa manis alami yang membuat Anda sudah berhenti memakannya.

Di beberapa menu Jepang, Anda akan melihat udang yang digoreng renyah tapi bentuknya panjang. Beberapa dari Anda mungkin penasaran apakah udangnya memang panjang atau ada cara untuk memanjangkan udang seperti menu Jepang.

Nah, Chef Juna di OK CHEF membocorkan cara membuat tampilan udang lebih panjang. Ini tentu akan membuat plating udang di piring Anda menjadi lebih menarik dan bikin nafsu makan makin meningkat.

So, seperti apa cara manjangin udang ala Chef Juna? Berikut ulasannya:

1. Head off

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memotong kepala udangnya atau yang disebut dengan head off. "Untuk memotong kepalanya, jangan pakai kuku, tapi pakai area belakang jempol Anda," saran Chef Juna yang ditemani Luna Maya.

Baca Juga : Luna Maya Tenteng Handbag Rp383 Juta, Netizen : Kirain Termos

2. Mulai kupas kulit udangnya

Chef Juna dan Luna Maya

Nah, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mulai pipihkan badan si udang kemudian kuliti. Pastikan ekornya tidak terpotong, karena disitu nilai estetikanya.

"Pastikan sampai ruang terakhir. Hati-hatiekornya putus, makanya harus dipegang," tambah Chef Juna.

3. 'Belek' ruas badan udang

Kini tersisa badan dan ekor udangnya. Hal yang harus dilakukan berikutnya adalah memotong setiap ruas tubuh udang, tapi jangan sampai terputus. Jadi, pastikan 'belek'-nya itu tidak sampai tuntas.

"Ibu-ibu pasti paham kalau badan udang itu ada garis-garisnya, nah bagian itu yang dipotong-potong tapi enggak sampai putus," Luna Maya menambahkan.

Chef Juna dan Luna Maya

4. Tekan daging udang

Jika Anda memotong ruas daging dimulai dari kepala, maka saat menekan daging dilakukan mulai dari ekornya.

"Teken juga kalau ini sekali-sekalinya pakai perasaan. Jangan sampai terputus," terang Chef Juna. Selesai deh.

Luna Maya pun mengakui tips memanjangkan udang ala Chef Juna ini mudah sekali. Lalu, dia pun meminta untuk mencobanya sendiri.

Tahap pertama sampai tiga berhasil, nah pas menekan daging, Luna Maya ternyata terlalu keras menekannya dan akhirnya daging udang terputus. Refleks, setelah kejadian itu dia bilang; "Yah, ini mah kayak hubungan saya, putus."

So, menurut Okezoners bagaimana tips ini, mudah atau susah nih?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini