Tips Mengolah dan Membedakan Daging Domba dan Kambing

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 12:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 298 2300177 tips-mengolah-dan-membedakan-daging-domba-dan-kambing-KZ4WACi8PV.jpg Daging domba bisa langsung di-grill (Foto: Weber)

Mengonsumsi daging domba merupakan pilihan tepat yang bisa dilakukan dalam upaya memenuhi asupan protein dalam tubuh. Sebab daging hewan yang satu ini memiliki kandungan protein yang cukup tinggi hingga mencapai tiga kali kandungan dalam daging unggas.

Meski demikian, daging domba belum terlalu populer di Indonesia, bahkan banyak orang yang keliru saat membedakannya dengan daging kambing.

 masak daging kambing lebih lama dari domba

Menjawab hal tersebut Chef Vania Wibisono mengatakan kambing dan domba serupa, namun memiliki anatomi tubuh yang berbeda. Alhasil tekstur daging yang mereka miliki juga memiliki perbedaan yang cukup terlihat.

Ia mengatakan, daging kambing cenderung memiliki tekstur yang lebih keras dibandingkan daging domba, sehingga membutuhkan teknik memasak yang berbeda pula.

“Memasak daging kambing harus slow cook dan menggunakan tenderlizer untuk melemaskan otot-ototnya karena kaku. Kalau daging domba memang sudah empuk sejak awal jadi bisa langsung di grill tanpa memakan waktu yang lama. Daging domba bisa di grill atau stir fry sedikit saja dan sudah empuk,” terang Chef Vania, dalam ‘Peluncuran Kampanye #Lambassador bersama Meat & Livestock Australia’, Selasa (27/10/2020).

Lebih lanjut Chef Vania juga menjelaskan, bahwa mengolah daging domba tidak sesulit seperti yang dibayangkan. Sebab rasa yang dimiliki oleh kedua daging ini hampir sama.

Alhasil masyarakat bisa menggunakan resep makanan yang terbuat dari daging kambing untuk diaplikasikan pada hidangan daging domba.

Baca juga: Relativitas Waktu Telah Lebih Dulu Dijelaskan Alquran dan Sains

“Resep daging kambing bisa diaplikasikan. Hanya saja proses memasak daging domba butuh waktu yang lebih singkat karena dimasak sebentar sudah empuk dan bisa cepat di makan. Bikin makanan yang sehat bisa juga pakai daging domba, karena proteinnya sangat tinggi. Proteinnya 3 kali lebih tinggi daripada unggas,” tuntasnya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini