Olah Udang Bareng Luna Maya, Chef Juna: Sekali-kalinya Masak Pakai Perasaan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 14:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 298 2300264 olah-udang-bareng-luna-maya-chef-juna-sekali-kalinya-masak-pakai-perasaan-ipkTM1h509.jpg Chef Juna masak bareng Luna Maya (Foto : YouTube/RCTI - Entertaiment)

Keseruan di dapur OK CHEF selalu menarik untuk dikulik. Belum lama ini, Chef Juna membagikan tips bagaimana membuat tampilan udang di menu makanan terlihat panjang.

Tidak sendirian, di momen itu Chef Juna yang terkenal judes itu ditemani selebriti cantik, Luna Maya. Mereka pun coba membuat menu masakan Jepang yang sederhana tapi tentunya lezat.

Nah, di salah satu momen, Chef Juna coba menjelaskan beberapa langkah cara membuat tampilan udang saat digoreng itu terlihat panjang. Ternyata bukan di geprek, tetapi ditekan-tekan.

"Mungkin banyak orang mikir udangnya bisa panjang karena digeplak, tapi teryata ditekan-tekan," kata Luna Maya di samping Chef Juna yang sedang menekan-nekan udangnya dalam tayangan OK Chef, belum lama ini.

Baca Juga : Masak Bareng Luna Maya, Chef Juna Bagi Tips Manjangin Udang

Di episode kali ini pun Chef Juna menjelaskan kalau dirinya sekali-kalinya masak pakai hati. Ya, masak udang yang dipanjangin bagi Chef Juna itu harus pakai hati.

"Teken juga, kalau ini sekali-sekalinya pakai perasaan. Jangan sampai terputus," terang Chef Juna. Sebab, kalau menekannya terlalu keras yang terjadi adalah daging udang yang sudah dipotong-potong tanpa terputus akan terputus.

Luna Maya

Itu yang kemudian terjadi pada Luna Maya. Saat mempraktikan ulang apa yang disarankan Chef Juna, daging udang yang harusnya ditekan, malah putus. Kaget menekannya kencang-kencang, Luna maya pun refleks mengeluarkan kalimat, "Yah, ini mah kayak hubungan saya, putus."

Hayo, kalau Okezoners biasanya masak apa yang harus pakai hati banget ngolahnya? Selain itu, Okezoners juga bisa mencoba tips manjangin udang dari Chef Juna di halaman selanjutnya.

1. Head off

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memotong kepala udangnya atau yang disebut dengan head off. "Untuk memotong kepalanya, jangan pakai kuku, tapi pakai area belakang jempol Anda," saran Chef Juna yang ditemani Luna Maya.

2. Mulai kupas kulit udangnya

Chef Juna dan Luna Maya

Nah, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah mulai pipihkan badan si udang kemudian kuliti. Pastikan ekornya tidak terpotong, karena disitu nilai estetikanya.

"Pastikan sampai ruang terakhir. Hati-hatiekornya putus, makanya harus dipegang," tambah Chef Juna.

3. 'Belek' ruas badan udang

Kini tersisa badan dan ekor udangnya. Hal yang harus dilakukan berikutnya adalah memotong setiap ruas tubuh udang, tapi jangan sampai terputus. Jadi, pastikan 'belek'-nya itu tidak sampai tuntas.

"Ibu-ibu pasti paham kalau badan udang itu ada garis-garisnya, nah bagian itu yang dipotong-potong tapi enggak sampai putus," Luna Maya menambahkan.

Chef Juna dan Luna Maya

4. Tekan daging udang

Jika Anda memotong ruas daging dimulai dari kepala, maka saat menekan daging dilakukan mulai dari ekornya.

"Teken juga kalau ini sekali-sekalinya pakai perasaan. Jangan sampai terputus," terang Chef Juna. Selesai deh.

Luna Maya pun mengakui tips memanjangkan udang ala Chef Juna ini mudah sekali. Lalu, dia pun meminta untuk mencobanya sendiri.

Tahap pertama sampai tiga berhasil, nah pas menekan daging, Luna Maya ternyata terlalu keras menekannya dan akhirnya daging udang terputus. Refleks, setelah kejadian itu dia bilang; "Yah, ini mah kayak hubungan saya, putus."

So, menurut Okezoners bagaimana tips ini, mudah atau susah nih?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini