Selain Enak, 5 Buah Berserat Ini Bisa Bantu Anda Turunkan Berat Badan Lho!

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 15:37 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 298 2300339 selain-enak-5-buah-berserat-ini-bisa-bantu-anda-turunkan-berat-badan-lho-lF2C5ksMhW.jpg Alpukat lezat (Foto: Pixabay)

Serat adalah nutrisi nabati penting yang terutama membantu menurunkan berat badan bersama dengan menjaga kesehatan pencernaan dan usus. Selain itu juga mengurangi keinginan ngemil yang tidak diinginkan, menurunkan kadar gula darah, melawan sembelit dan mengurangi risiko stroke.

Makanan kaya serat juga membantu mengencangkan perut dan memperlambat pencernaan untuk mencegah lonjakan glukosa dan kolesterol secara tiba-tiba di dalam tubuh. Jika Anda tidak begitu menyukai makanan berserat, Anda bisa menggantikannya dengan buah lho!

Selain memiliki rasa yang enak, buah kaya serat juga dapat membantu menurunkan berat badan. Anda bisa memilih buah yang memiliki rasa manis atau pun asam sesuai selera. Melansir Boldsky, berikut 5 buah kaya serat yang bisa membantu Anda menurunkan berat badan.

 pir

1. Pir

Pir adalah salah satu buah teratas yang padat dengan serat makanan. Mereka juga diperkaya dengan antioksidan dan senyawa fenolik. Serat makanan dalam buah pir cukup banyak.

Anda dapat mengonsumsi buah pir langsung dengan kulitnya. Anda juga dapat menambahkannya ke mangkuk buah Anda atau mengonsumsinya setelah dipanggang.

2. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat dan nutrisi penting lainnya seperti vitamin, magnesium, asam lemak dan kalium. Ini juga merupakan sumber fitokimia yang sangat baik yang dapat membantu dalam manajemen berat badan dan mencegah penyakit yang berhubungan dengan jantung.

Serat yang terkandung dalam alpukat yakni 6,7 gram per 100 gram. Anda bisa menambahkan alpukat ke dalam salad buah. Anda juga bisa mengiris buahnya, menaburkan lada hitam dan mengkonsumsinya.

3. Blackberry

Diet rendah serat dapat menyebabkan masalah pencernaan seperti sembelit dan kembung sementara makanan berserat tinggi terutama membantu dalam penurunan berat badan serta dalam mengontrol gula darah dan mengurangi kolesterol. Inilah sebabnya mengapa blackberry banyak dikonsumsi untuk menurunkan berat badan secara sehat.

Serat yang terkandung dalam blackberry yakni 5,3 gram per 100 gram. Konsumsi blackberry dengan yogurt Yunani, oat atau bubur. Anda juga bisa memasukkannya ke dalam mangkuk buah Anda.

4. Raspberry

Raspberry membantu mencegah perlemakan hati dan obesitas. Paling dikenal untuk menurunkan berat badan dan triasilgliserol hati karena adanya nutrisi penting bersama dengan serat makanan. Serat makanan dalam raspberry yakni 6,5 gram per 100 gram. Makanlah raspberry sebagai camilan dengan yoghurt Yunani, oatmeal, atau buat smoothie darinya.

Baca juga: Relativitas Waktu Telah Lebih Dulu Dijelaskan Alquran dan Sains

 

5. Kelapa

Baik kelapa mentah maupun yang dikeringkan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Buah ini membantu menstabilkan kadar glukosa dan memiliki efek antidiabetik.

Serat yang terkandung dalam kelapa per 100 gram adalah 9 gram. Tambahkan daging kelapa ke dalam mangkuk buah atau panggang dan konsumsi.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini