Masak Ikan Baronang Sambal Balado, Aziz Pamerkan Teknik Flambe di MasterChef Indonesia

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 19:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 298 2300433 masak-ikan-baronang-sambal-balado-aziz-pamerkan-teknik-flambe-di-masterchef-indonesia-Z4Td7prESg.jpg Ilustrasi masak. (Foto: Freepik)

KOMPETISI memasak prestisius MasterChef Indonesia terus menghadirkan sesuatu yang unik dan seru. Pada tantangan mengolah ikan yang ditayangkan Sabtu, 24 Oktober 2020, kontestan bernama Aziz mengeluarkan jurus andalannya yang bernama teknik flambe.

Sekadar informasi, semua kontestan ditantang untuk memilih 15 jenis ikan yang akan diolah menjadi hidangan lezat. Tapi setiap kontestan mendapatkan tantangan lain yakni harus menebak nama ikan yang telah dipilihnya.

Clava yang keluar sebagai pemenang pada tantangan pertama yakni duplicate dish yakni Papeda Ikan Kuah Kuning buatan Chef Ragil Imam Wibowo. Memiliki kesempatan untuk memanggil satu per satu kontestan secara acak untuk memilih terlebih dahulu ikan yang akan dimasaknya.

masterchef

Sebagai pemenang, Clava bisa langsung lolos dalam tantangan ini dan juga berkesempatan untuk memilih empat kontestan lainnya untuk tidak mengikuti tantangan memasak ikan. Keempat kontestan yang dipilih Clava adalah Yuri, Yuli, Jerry dan Risma.

Dari hasil pemilihan terdapat 10 kontestan yang akan bersaing dengan sengit dalam mengolah ikan. Mariska dengan bawal putih, Dava bandeng, Adit kuwe, Nindy kerapu, Ramos bawal hitam, Aziz baronang, Faiz nila merah, Becca ikan senangin, Audrey ikan samge sementara Hamdzah mendapatkan ikan tapi-tapi.

Pada kesempatan kali ini, Aziz memilih untuk membuat hidangan Ikan Baronang Sambal Balado. Ia pun mulai berpacu dalam waktu ketika menyiapkan semua bumbu dan bahan yang hendak digunakan. Ketika sedang asik memasak, tiba-tiba api secara tiba-tiba muncul di station milik Aziz.

Api tersebut menyebur dengan cukup besar ke atas sehingga mengejutkan para kontestan lain dan juga dewan juri yang melihatnya. Ternyata dalam memasak kali ini, Aziz mengeluarkan teknik andalannya.

“Teknik Flambe. Itu tekniknya adalah ketika panci kita panas, dan tersentuh dengan sesuatu yang basah, maka api akan keluar,” terang Aziz.

Setelah sukses dengan aksinya ia pun kembali memasak hidangannya. Sayangnya menurut Chef Arnold, saus balado buatan Aziz tidak memberikan energi yang bagus pada ikan baronang buatannya. Sementara Chef Renatta menilai makanan Aziz sudah aman dan bisa dinikmati dengan nikmat.

Berbeda dengan Chef Juna, menurutnya ikan baronang buatan Aziz seperti makanan kucing. Sebab makanannya terlalu simple dan no effort dengan waktu 60 menit yang diberikan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini