Perempuan Lanjut Usia Juga Bisa Cantik Kok, Coba Pakai Tips Ini

Highend, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 19:07 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 611 2300175 perempuan-lanjut-usia-juga-bisa-cantik-kok-coba-pakai-tips-ini-E7d1uDhUSf.jpg Ilustrasi Makeup. (Foto: Freepik)

SIAPA bilang perempuan lanjut usia tidak bisa cantik? Banyak kok perempuan lanjut usia yang masih bisa tampil cantik. Memang, seiring bertambahnya usia, tubuh pun mengalami beberapa perubahan, termasuk di wajah.

Biasanya, kulit di wajah akan mengalami keriput dan tidak kenyal atau bahkan mengendur. Ini adalah hal yang wajar, oleh karena itu untuk mempercantik wajah pemakaian makeup menjadi kuncinya.

Tentu, pengaplikasian makeup ke wajah menjadi tidak mudah. Oleh karena itu diperlukan beberapa tips dan trik dalam berdandan supaya hasil makeupnya terlihat cantik natural dan selalu awet muda.

Menurut Sandy Linter, seorang makeup artis senior Amerika terkenal yang sudah terjun dalam bisnis makeup sejak tahun 70an, dalam interviewnya dengan Vogue, ia menjelaskan bahwa sebenarnya tidak ada aturan khusus dalam bermakeup untuk perempuan paruh baya.

Akan tetapi, perhiasan yang dikenankan bukan untuk menutupi kekurangan akan tetapi kita harus meningkatkan apa yang perempuan itu miliki. Berikut tips dan trik dari Sandy linter untuk mengaplikasikan makeup pada perempuan yang berusia lanjut.

makeup lanjut usia

Pilihlah Glowing Base Makeup

Sebelum memulai makeup, Anda harus memastikan bahwa kulit wajah kita bersih supaya tidak ada kotoran yang menumpuk di wajah sebelum dioleskan toner dan krim pelembab wajah. Cleansing, moisturizing, dan exfoliating merupakan bagian yang wajib sebelum untuk menghasilkan riasan kulit wajah yang sempurna.

Untuk pelembab muka, Anda dapat memilih yang hydrating tetapi jangan terlalu berat supaya nanti akan lebih mudah untuk mengaplikasikan riasan lainnya. Setelah pelembab, Anda bisa mengaplikasikan primer dengan tekstur gel yang mudah menyerap ke kulit untuk menyamarkan garis-garis halus ataupun dry patches pada wajah.

Tutupi Kekurangan di Wajahmu dengan Sewajarnya

Ketika berusia lanjut, perempuan akan sulit untuk menyembunyikan kerutan atau garis-garis halus di wajahnya. Menurut Linter, Anda sebaiknya jangan berusaha menyembunyikan kerutan tersebut, yang malah nanti hanya akan semakin terlihat. Untuk mengatasinya Anda dapat mengaplikasikan hydrating foundation dengan menggunakan spon makeup yang lembab.

Untuk memutupi daerah hitam di bawah mata, Anda dapat memilih krim concealer yang high coverage namun tetap ringan untuk digunakan. Anda dapat memulaskan concealer pada bagian bawah mata dan sudut dalam untuk menutupi lingkaran hitam secara efektif. Jangan diaplikasikan pada bagian sudut luar mata karena akan timbul garis halus jika Anda tersenyum atau tertawa.

Pilih Warna Alas Bedak atau Concealer yang Lebih Gelap

Dalam memilih warna foundation atau concelare, hindari warna yang sama persis dengan kulit, tetapi pilihlah yang lebih warm atau lebih gelap. Riasan dengan warna yang sama akan membuat seseorang akan terlihat lebih tua. Jangan lupa aplikasikan sisa foundation di kuas atau spons ke bagian leher supaya warnanya rata antara muka dan leher.

Anda juga bisa mengaplikasikan bronzer tidak hanya di bawah tulang pipi, tetapi juga di sisi bagian bawah hidung, di dahi, dan di bawah garis rahang untuk membuat gradasi pada wajah agar tidak terkesan datar. Untuk setting powder tidak begitu penting untuk digunakan.

makeup lanjut usia

Aplikasikan Perona Pipi

Perona pipi akan membuat seseorang akan terlihat lebih fresh. Untuk pengaplikasiannya, Anda dapat mengoleskan blush on di bagian atas tulang pipi lalu membaurkannya ke dalam. Anda dapat menggunakan blush on cream kemudian ditambahkan powder blush atau langsung menggunakan powder blush.

Bentuk Riasan Mata Secara Alami

Anda tentu ingin membuka mata dan membuatnya terlihat besar supaya terlihat lebih awet muda. Yang perlu dilakukan pertama yaitu jepit bulu mata mulai dari akarnya, kemudian pilih mascara yang tepat yang cocok dengan karakteristik bulu mata Anda yang biasanya lebih tipis dan cenderung rapuh. Saat ini banyak terdapat mascara yang dilengkapi dengan vitamin untuk memperkuat bulu mata.

Anda juga dapat menambahkan eyeliner berwarna hitam sehingga akan tercipta warna kontras antara warna mata dan liner-nya. Penggunaan eyeliner berwarna cokelat kadang sedikit lebih tricky karena untuk beberapa orang warana eyeliner cokelat akan membuat matanya terlihat seperti sayu dan mengantuk.

Buatlah Alis yang Natural

Pertahankan bentuk alis secara alami. Anda dapat merapikan bagian-bagian pinggirnya yang tidak rapi. Jika ada alis yang panjang Anda dapat memotongnya. Anda juga dapat mengaplikasikan eyebrow mascara untuk menambahkan kesan penuh pada alis atau menggambar garis-garis halus supaya mengisi bagian alis yang ksosong.

Bentuk Pola Bibir Secara Simetris

Menurut Linter, seiring bertambahnya usia, bibir bisa menjadi asimetris dan bisa juga menua. Oleh karena itu sebelum dioleskan lipstick atau pemulas bibir lainnya, Anda dapat membuat pola bibir yang simetris dengan pensil bibir sebelumnya.

Setelah itu, Anda dapat mengaplikasikan matte lipstick yang menutup kekurangan di bibir dengan sempurna, sebelum dioles kembali lip gloss di atasnya supaya bibirnya terlihat bersinar dan muka terlihat menjadi lebih fresh.

Ingin tahu lebih lanjut tentang first class Lifestyle, silakan klik HighEnd-Magazine.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini