Langka! Perayaan Halloween Bareng Fenomena The Full Hunter Moon

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 14:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 612 2300102 langka-perayaan-halloween-bareng-fenomena-the-full-hunter-moon-XLHhFvcvaE.jpg Full Hunter Moon (Foto : Livescience)

Masyarakat dunia akan menikmati The Full Hunter Moon (bulan purnama berburu) yang jatuh pada 31 Oktober 2020. Sejarah tradisi penamaan bulan berasal dari suku asli Amerika dan cerita rakyat yang ada selama masa penduduk asli Amerika dan Kolonial.

Biasanya oleh orang-orang Algonquin yang tinggal di pesisir Pantai Atlantik dan di sepanjang pedalaman Sungai St. Lawrence dan di sekitar Danau-Danau Besar untuk membantu melacak musim. Penamaan bulan ini juga berhubungan dengan peristiwa alam atau tanda musim.

Full Hunter Moon

The Full Hunter Moon juga dapat membantu masyarakat melacak perkembangan tahun. Sekadar informasi Oktober memiliki dua bulan purnama yaitu Bulan purnama Panen (Harvest) pada 1 Oktober dan bulan purnama Berburu (Hunter) pada 31 Oktober.

Menurut Pakar Feng Shui, Master Ferry Wong, bulan purnama berburu bertepatan dengan perayaan Halloween sehingga membuatnya menjadi suguhan langka yang sangat menyenangkan dan istimewa di tahun ini.

Baca Juga : Cantiknya Luna Maya Pakai Dress Rp45 Juta, Netizen: Wow Muahall!

Bulan purnama ini dikenal sebagai Bulan Pemburu, karena ini adalah waktu manusia dan hewan sama-sama menimbun makanan untuk persiapan menghadapi musim dingin yang panjang.

Karena Hunter's Moon adalah bulan purnama kedua di Oktober, fenomena ini juga dianggap sebagai ‘Bulan Biru’. Istilah ini mengacu pada bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan kalender atau bulan purnama ketiga dalam satu musim kalender.

Terlepas dari nama lainnya ‘Blue Moon’, bulan ini tidak akan benar-benar tampak berwarna biru. Bulan Pemburu akan menjadi Bulan purnama terkecil dalam setahun yang disebut minimoon karena jaraknya yang lebih jauh dari Bumi daripada Bulan purnama lainnya di 2020.

Full Hunter Moon

Minimoon adalah kebalikan dari supermoon. Fenomena ini disebabkan oleh orbit Bulan yang berbentuk oval di sekitar Bumi, yang menyebabkan Bulan semakin jauh dan lebih dekat ke Bumi pada berbagai titik dalam orbitnya. Titik terdekat dan terjauh di orbit Bulan masing-masing disebut perigee dan apogee.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini