Replika Mesin Perang Canggih, Bantu Tugas Militer saat Hadapi Musuh

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 10:48 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 612 2300122 replika-mesin-perang-canggih-bantu-tugas-militer-saat-hadapi-musuh-hGunqEXpAj.jpg Replika mesin perang (Foto: Oddity)

Peralatan canggih adalah salah satu hal yang penting dalam dunia militer. Bouncy castles alias replika mesin perang canggih memang tidak begitu dikenal sebagai alat perang yang paling efektif. Namun di Rusia benda ini sama pentingnya dengan senjata asli yang bernilai jutaan dolar.

Sekadar informasi replika mesin perang dirancang untuk meniru senjata sebenarnya yang harganya seratus kali lebih murah daripada aslinya. Tujuan utama alat ini adalah untuk menipu musuh, agar tampil lebih kuat dari yang sebenarnya, mendorong musuh untuk mengeluarkan tembakan, atau sekadar mengulur waktu dengan memaksa mereka untuk memverifikasi target sebenarnya.

 Replika mesin perang dari balon

Insinyur Militer di perusahaan balon RusBal, Aleksei A. Komarov mengatakan, replika mesin perang ini adalah bagian penting dari gudang senjata.

“Jika Anda mempelajari pertempuran besar dalam sejarah, Anda akan melihat bahwa tipu daya selalu menang. Tidak ada militer yang pernah menang dengan jujur,” terang Komarov, melansir dari Oddity Central, Selasa, (27/10/2020).

Dulunya RusBal merupakan perusahaan balon sederhana, tapi sekarang mereka mengkhususkan diri pada membuat replika mesin perang dari balon udara.

Kreasinya berupa replika peluncur roket, tank dan jet tempur seukuran aslinya, hingga tenda militer tiup dan bahkan stasiun radar.

Perusahaan ini didirikan pada 1993 oleh penggemar balon udara dan berspesialisasi dalam balon udara panas dan set mainan tiup anak-anak. Tetapi saat ini klien terbesarnya adalah militer Rusia.

Perlengkapan replika mesin perang telah menjadi bagian besar dari bisnis RusBal, sehingga mereka mulai mengembangkan aksesori untuk melengkapi kreasinya.

Perusahaan menjual perangkat yang dirancang untuk membuat jejak tank agar kendaraan karet yang ditempatkan di tengah ladang tandus tidak terlalu mencurigakan. Sekadar informasi, balon tiup Rusia adalah bagian dari Maskirovka yang merupakan doktrin Rusia yang menggabungkan tipu daya strategis dan taktis dengan tujuan mendistorsi konsepsi musuh tentang realitas.

 Baca juga: Relativitas Waktu Telah Lebih Dulu Dijelaskan Alquran dan Sains

Meski sangat realistis bagi mata yang tidak terlatih, namun alat ini mungkin tidak akan terlalu lama menipu teknologi modern Angkatan Darat Amerika Serikat (AS) atau saingan militer Rusia lainnya. Meski demikian balon ini cukup realistis untuk membingungkan untuk sementara waktu. Sebab mengulur waktu adalah hal yang sangat penting dilakukan selama perang.

Menurut laporan BBC pada 2010, kreasi tiup RusBal terbuat dari bahan khusus yang mampu menipu radar dan pencitraan termal musuh agar dapat mengira mereka adalah senjata sungguhan. Satu unit tank tiup T-80 dilaporkan berharga sekira 16.000 USD atau setara Rp234 juta yang mungkin terdengar sangat mahal untuk sebuah bouncy castles.

Tapi harga ini termasuk murah sebab, tangki yang sebenarnya membutuhkan biaya jutaan untuk membuatnya. Selain itu tank yang asli mungkin lebih banyak mengeluarkan biaya untuk pemeliharaan selama beberapa tahun.

Jadi sebenarnya benda ini sangat murah. Selain itu, peralatan ini juga dapat diangkut dalam dua tas ransel dan digunakan menggunakan kompresor udara sederhana.

Rusia bukanlah yang pertama menggunakan replika mesin perang . Sekutu menggunakan juga menggunakan benda serupa yang disebut dengan "tentara hantu" selama Perang Dunia II. Kala itu pasukan NATO membom tank-tank Serbia palsu selama perang di Kosovo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini