Mengenal Yakutian, Kuda Rusia yang Bisa Hidup di Suhu Minus 70 Derajat Celsius

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 17:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 612 2300127 mengenal-yakutian-kuda-rusia-yang-bisa-hidup-di-suhu-minum-70-derajat-celsius-8v16Squ8MU.jpg Kuda Rusia Yakutian (Foto : Odditycentral)

Kuda Rusia Yakutian menjadi salah satu hewan yang bisa bertahan hidup dalam suhu dingin hingga di bawah -70 derajat. Kuda asal Rusia ini mampu bertahan dalam suhu ekstrem tersebut pada siang dan malam hari di alam terbuka.

Sekadar informasi Kuda Yakutian hanya memiliki tinggi setinggi 140-145 cm. Tetapi beratnya bisa mencapai setengah ton, karena lapisan lemaknya yang tebal. Selain itu kuda ini juga memiliki surai yang bisa mencapai ketebalan hingga 10 sentimeter.

Karena perawakannya yang gempal dan surai yang panjang, beberapa orang menyebut mereka sebagai mamut berbulu versi berkuda. Namun ciri fisik mereka lebih dari sekadar penampilan. Sebab kuda-kuda ini dapat menahan suhu yang jauh lebih rendah daripada ras kuda lain mana pun di dunia.

Kuda Rusia

Yakutia atau Republik Saha di Timur Jauh Rusia secara rutin mengalami suhu musim dingin -50 derajat Celcius. Tetapi di tempat-tempat seperti Verkhoyansk dan Oymyakon, suhu bisa turun hingga di bawah -70 derajat Celcius.

Baca Juga : Luna Maya Tenteng Handbag Rp383 Juta, Netizen : Kirain Termos

Saking dinginnya, bahkan mobil yang paling andal pun tidak akan menyala dalam kondisi ini. Tapi untungnya penduduk setempat selalu dapat mengandalkan kudanya saat mereka perlu untuk bergerak atau mengangkut barang.

Kuda Rusia

Sebagaimana dilansir Oddity Central, Selasa (27/10/2020), kuda asli telah memainkan peran penting dalam sejarah Yakutia. Mereka tidak hanya terbukti dapat diandalkan dalam kondisi yang paling keras, tetapi kemampuan mereka untuk mencari makanan.

Kuda-kuda ini mampu menyapu rumput dari bawah salju sedalam satu meter dengan kuku mereka. Selain dimanfaatkan tenaganya dan ketangguhannya, kuda juga telah digunakan sebagai sumber makanan yang diambil dagingnya dan sandang berupa kulit kuda.

Kuda Yakut diketahui dapat bergerak dengan mudah melalui salju yang tinggi. Bahkan dalam kondisi di mana sebagian besar SUV akan kesulitan, dan dapat membawa hingga 300 kilogram kargo. Selain kuat, mereka juga termasuk kuda yang paling tangguh.

Mereka mampu bekerja secara aktif hingga 25-27 tahun, sedangkan kuda lain rata-rata masa kerjanya adalah 20 tahun. Menariknya, Yakutian belum ada di wilayah Timur Jauh seperti yang diperkirakan sebelumnya.

Para ilmuwan menganalisis genom trah dan mengecilkan kemungkinan bahwa kuda Yakuti adalah keturunan dari kuda yang ada di Yakutia pada zaman kuno.

Kuda Rusia

Sebaliknya mereka menemukan bahwa itu kuda Yakuti terkait dengan kuda Mongolia, Fyord dan Islandia, dengan kuda Mongolia kemungkinan besar adalah nenek moyang mereka.

Tapi yang benar-benar membuat para ilmuwan terperangah adalah waktu singkat yang dibutuhkan ras Yakutian untuk beradaptasi dengan iklim yang tajam di Republik Saha, sekira 800 tahun.

“Ini adalah evolusi sekejap mata. Apa yang benar-benar menangkap imajinasi orang dari penelitian ini adalah bukti adaptasi cepat terhadap lingkungan - dalam hal ini lingkungan yang dingin, keras, dan kering,” kata Dokter Hewan dan Ilmuwan Kuda di Cornell University di Ithaca, New York, Doug Antczak.

Kuda Yakutian hanya dapat ditemukan di Republik Saha Rusia, karena iklim hangat di wilayah selatan sama sekali tidak cocok untuk mereka. Mereka tetap menjadi bagian penting dari kehidupan di salah satu lingkungan paling keras di dunia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini