3 Dampak Mengkhawatirkan Bekerja Terlalu Lama

Wilda Fajriah, Jurnalis · Selasa 27 Oktober 2020 15:08 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 27 612 2300314 3-dampak-mengkhawatirkan-bekerja-terlalu-lama-7sZxcSRiA1.jpg Dampak kerja terlalu lama (Foto: Wellteq)

Jam kerja yang berat bisa membuat Anda stres, apalagi jam kerja dari pagi sampai dini hari. Semua ini disebabkan oleh pasar yang kompetitif, membuat karyawan tidak dapat beristirahat dengan tenang dan melakukan pekerjaan mereka dengan kecepatan normal dan tenang.

Untuk memenuhi permintaan pasar yang terus berkembang, setiap orang harus terburu-buru melakukan pekerjaannya.

Namun, melansir Times of India, ada dampak besar yang ditimbulkan terhadap kesehatan jangka panjang Anda jika bekerja dalam waktu lama.

 karyawan nyeri punggung

1. Kesehatan fisik

Seringkali Anda pasti mengeluh tentang nyeri punggung atau kaki yang terus menerus menusuk Anda. Meskipun menyakitkan, Anda tidak punya banyak waktu untuk beristirahat. Akibatnya, rasa sakit tetap terasa. Contoh seperti ini membuktikan bahwa sangat penting untuk mempertimbangkan kesehatan fisik Anda terlebih dahulu, daripada mengikuti pekerjaan yang berat.

Beberapa penelitian menyimpulkan bahwa orang yang cenderung bekerja lebih lama dari biasanya, memiliki peluang tinggi untuk meninggal lebih awal atau terkena penyakit yang berisiko jiwa. Peneliti klinis dan dokter bahkan menyebut hal ini sama mematikannya dengan merokok karena keduanya pada akhirnya akan mengarah pada hal yang sama, risiko kesehatan yang sangat besar.

 

2. Kesehatan mental

Bukan hanya kesehatan fisik yang terpengaruh, tetapi kesehatan mental Anda juga sangat terpengaruh. Bayangkan saja jam kerja dan panggilan telepon, juga stres membekukan otak dan pikiran Anda. Akibat dari hal ini dapat menyebabkan ketidakstabilan mental dan individu juga dapat mengalami kesulitan untuk menyeimbangkan gaya hidupnya.

Begitu gaya hidup sehat mengalami masalah dan ketidakseimbangan, maka menjadi sangat sulit untuk mengatur hal-hal lain dalam jadwal mereka. Seiring dengan beberapa sakit kepala dan migrain, individu membutuhkan lebih banyak waktu dari biasanya untuk mengingat dan mempelajari berbagai hal, atau membuat keputusan penting dalam hidup mereka.

Baca juga: Relativitas Waktu Telah Lebih Dulu Dijelaskan Alquran dan Sains

3. Kesempatan berkarir berkurang

Bahkan jika masalah kesehatan fisik dan mental Anda tidak terlalu memengaruhi Anda, Anda akan terkejut mengetahui bahwa karier Anda juga bisa menurun karena terlalu banyak bekerja. Penelitian telah menyimpulkan bahwa orang yang sebagian besar bekerja lembur telah mengurangi kesempatan kerja dan keahlian untuk menjadi pekerja yang mahir.

Perusahaan juga menganggap kesejahteraan fisik dan mental yang tepat sebagai bagian dari pencalonan penuh karyawan, dan dengan demikian, jika mereka kekurangan prospek itu, perusahaan menghindari mempekerjakan orang seperti itu.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini