Long Weekend, Ini Tips Staycation Aman dari Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 13:32 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 481 2300768 long-weekend-ini-tips-staycation-aman-dari-covid-19-GIvIbEnuNZ.jpg Staycation (Foto: Inst Ciao Bonita)

Libur panjang alias long weekend dimulai per hari ini, Rabu, 28 Oktober 2020. Tak sedikit dari Anda sedang dalam perjalanan menuju lokasi wisata atau bahkan pulang kampung ke luar kota.

Jika dilihat dari pantauan jalan tol yang dibagikan akun Twitter @TMCPoldaMetro, dari Jakarta ke arah Bandung terpantau padat. Bahkan, sejak pagi sudah dilakukan penutupan jalan layang Japek arah Bandung.

 staycation

Ini tentu menjadi fakta yang tidak bisa dipungkiri bahwa libur panjang membuat sebagian orang ingin bepergian. Nah, jika Anda tak ingin pergi ke lokasi yang ramai, memilih staycation atau liburan ke hotel bisa jadi alternatif liburan seru.

Tapi, menjadi pertanyaan sekarang adalah apakah staycation bisa menjamin Anda aman dari paparan Covid-19?

Menjawab hal tersebut, Kepala Divisi Penyakit Menular di Universitas di Buffalo dr Thomas Russo, menjelaskan terlebih dulu bahwa pertemuan dengan banyak orang memungkinkan Anda terpapar Covid-19. Parahnya lagi, semakin banyak OTG atau orang tanpa gejala yang mungkin ada di antara kerumunan tersebut.

"Dengan begitu, Anda harus meyakini bahwa semua orang yang Anda temui di luar rumah itu berpotensi menular, sehingga Anda disiplin dalam menjalankan protokol kesehatan," kata dr Russo dikutip dari Business Insider.

Nah, bagaimana supaya staycation bisa aman dari paparan Covid-19? dr Russo punya jawabannya yaitu memastikan Anda menggunakan masker dengan baik mulai dari keluar rumah hingga tiba di kamar hotel.

"Pakai masker yang benar saat check-in di hotel karena biasanya di lobi itu banyak orang. Pun juga pakai masker yang benar di lift hingga ke kamar hotel," terangnya.

Tidak hanya masker, dr Russo pun menegaskan bahwa Anda wajib menjaga jarak dengan orang lain. Sebab, semakin dekat Anda dengan orang asing dan dalam durasi lama, maka risiko penularannya semakin tinggi.

 Baca juga: 5 Potret Airport Style Wika Salim, Kece Badai!

"Saran lainnya yang bisa dilakukan adalah pilih hotel yang alamatnya berada di zona hijau atau angka kasusnya tidak tinggi. Ini meminimalisir risiko penularan selama Anda staycation di libur panjang ini," kata dr Russo.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini