Mau Awet Muda? Coba 8 Tips Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 611 2300751 mau-awet-muda-coba-8-tips-ini-9FWZv2tfXB.jpg Merawat wajah (Foto: Wow Museum)

Memiliki wajah yang menawan dan awet muda adalah impian semua orang. Alhasil beragam cara dilakukan oleh masyarakat untuk mendapatkan wajah sesuai dengan apa yang mereka inginkan agar dapat tampil lebih percaya diri di depan umum.

Meskipun seseorang tidak bisa menghindari proses penuaan yang terjadi, tetapi kondisi ini bisa dicegah. Hal utama dan penting untuk dilakukan adalah melakukan perawatan kulit wajah dan menikmati produk-produk yang paling cocok untuk jenis kulit wajah.

Melansir dari dari Boldsky, Rabu (28/10/2020), berikut 8 cara merawat kulit untuk mencegah penuaan yang wajib Anda ketahui. Yuk disimak.

 merawat wajah

1. Rutin melakukan 3P

Merawat kulit wajah dengan benar adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk memperlambat proses penuaan. Jika Anda belum melakukannya, mulailah mengikuti proses 3P (pembersihan, pengencangan, dan pelembab).

Gunakan produk lembut yang sesuai dengan jenis kulit Anda. Kemudian, diamkan beberapa menit di setiap langkah produk yang Anda pakai agar menyerap dengan baik.

2. Jangan mengeringkan kulit wajah Anda

Sebenarnya, Anda tidak perlu menunggu kulit wajah sampai kering. Anda bisa membiarkan kulit Anda sedikit basah saat mengaplikasikan sebuah produk. Dengan cara ini Anda akan menggunakan lebih sedikit produk dan itu akan diserap ke dalam kulit wajah Anda dengan cara yang lebih baik.

3. Cari retinoid dalam produk anti-penuaan Anda

Sebagian besar krim anti-penuaan berlebihan dan membuat janji-janji palsu. Namun, retinoid adalah salah satu bahan penting yang terbukti memiliki efek anti-penuaan. Jadi, setiap kali Anda membeli produk anti-penuaan, pastikan ada retinoid di dalamnya.

Baca juga: 5 Potret Airport Style Wika Salim, Kece Badai!

4. Kenakan kacamata hitam

Matahari adalah salah satu alasan utama di balik penuaan dini pada kulit. Penelitian telah menunjukkan, paparan sinar matahari yang berbahaya dapat menyebabkan penuaan kulit. Untuk mengatasinya, selalu gunakan produk tabir surya dan kacamata hitam yang dapat menutupi sebagian besar wajah Anda dari paparan sinar matahari.

5. Memijat wajah ke arah yang benar

Saat menerapkan pelembab, scrub, masker wajah dan produk anti-penuaan pada kulit wajah, Anda bisa memijat dengan pelan. Tapi, jika dilakukan dengan arah yang salah, memijat kulit wajah dapat menyebabkan garis-garis halus dan kerutan.

Arah yang tepat untuk memijat wajah Anda adalah gerakan memutar ke atas. Jangan memijat wajah Anda dengan gerakan ke bawah.

6. Perhatian ekstra

Ada area wajah tertentu yang lebih menonjolkan tanda-tanda penuaan kulit dibanding dengan yang lain, seperti garis-garis halus dan kerutan. Area di bawah mata dan leher yang menampakkan tanda-tanda penuaan itu, cara perawatan kulit yang biasa saja tidak akan bekerja.

Oleh karena itu, diperlukan perhatian dan upaya ekstra. Gunakanlah krim mata di bawah mata Anda dan pijat leher Anda dengan body lotion yang melembabkan.

7. Terlalu banyak pakai produk

Jika Anda berpikir menggunakan banyak produk lebih efektif, pikirkan lagi. Menggunakan produk berlebih dapat menghalangi pori-pori kulit Anda dan menyebabkan masalah kulit termasuk penuaan dini pada kulit wajah. Jadi, gunakan produk yang hanya diperlukan.

8. Memiliki asam sitrat

Penelitian telah menunjukkan bahwa sifat antioksidan asam sitrat cukup efektif dalam pencegahan penuaan kulit dini. Selain itu, juga dapat meningkatkan produksi kolagen di kulit sehingga mencegah pembentukan keriput.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini