Mengenal Vitamin E untuk Wajah, Cocok untuk Kulit Sensitif

Wilda Fajriah, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 18:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 611 2301301 mengenal-vitamin-e-untuk-wajah-cocok-untuk-kulit-sensitif-yz1DYAbqtP.jpg Ilustrasi. (Foto: Shutterstock)

RAMBUT memang memerlukan banyak vitamin agar tumbuh secara baik. Salah satunya adalah vitamin E, yang mengandung berbagai khasiat untuk merawat kecantikan.

Khasiat vitamin E yang luar biasa pada kulit menjadikannya populer di kalangan produk perawatan. Mulai dari regenerasi kulit, membuat kulit lembab, hingga membuat kulit bercahaya alias glowing. Mengingat manfaat dari vitamin E yang sangat menjanjikan, bagaimana cara kerja mereka pada kulit Anda?

Ahli Kesehatan Kulit dari Isya Aesthetics, Dokter Kiran Sethi mengatakan, vitamin E adalah emolien yang artinya melembabkan. Ia juga efektif sebagai antioksidan, artinya melindungi dari kerusakan dari unsur luar seperti polusi, dan lain-lain.

”Sebenarnya istilah vitamin E mengacu pada sekelompok senyawa yang larut dalam minyak. Secara teknis ada delapan jenis yang berbeda, tetapi dalam perawatan kulit, biasanya Anda akan melihat tokoferol yang merupakan satu-satunya bentuk yang terbukti aman untuk digunakan,” ungkap Dr. Sethi seperti dilansir Bebeauty.

rambut

Meskipun minyak vitamin E cukup populer di kalangan penggemar perawatan kulit, ini tidak untuk semua orang. Terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif.

“Jangan gunakan untuk kulit yang rawan berjerawat, berminyak atau sensitif. Bahkan bisa memicu jerawat dan beberapa orang bisa alergi terhadapnya. Meskipun hanya 1% orang yang benar-benar mengalami alergi, hal ini perlu diperhatikan," lanjut Dr. Sethi.

Karena konsistensi minyak vitamin E yang kuat dan berat, Anda perlu berhati-hati dalam menggunakannya dengan benar. Dr. Sethi merekomendasikan agar Anda menggunakan pelembab terlebih dahulu.

“Pertama-tama cobalah menggunakan pelembab untuk melihat apakah itu cocok untuk Anda. Juga dalam kombinasi dengan vitamin C, ini memiliki manfaat ekstra, jadi gunakanlah produk dengan kedua vitamin ini," jelas Dr. Sethi.

Berikut Dr. Sethi merekomendasikan langkah-langkah menggunakan minyak vitamin E.

Langkah pertama, cuci wajah Anda dengan pembersih dan biarkan mengering, karena menyeka dengan handuk bisa terlalu keras untuk kulit Anda.

Langkah kedua, Untuk membuka pori-pori Anda, balut wajah Anda dengan handuk hangat selama beberapa menit. Langkah ini membantu minyak meresap lebih baik.

Langkah ketiga, ambil minyak seukuran kacang polong di tangan Anda, hangatkan di antara telapak tangan Anda dan oleskan dengan lembut ke kulit Anda.

Mengusap kulit saat mengaplikasikan minyak dapat membuat jumlah minyak terkonsentrasi tanpa berkurang di telapak tangan Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini