Kisah Anjing Dou-Dou Berjalan 60 Km untuk Pulang Setelah Hilang Sebulan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 09:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 612 2301071 kisah-anjing-dou-dou-berjalan-60-km-untuk-pulang-setelah-hilang-sebulan-lrs7SAvObl.jpg Ilustrasi hewan anjing. (Foto: Jamie Street/Unsplash)

SEEKOR anjing yang setia dikabarkan berjalan sejauh 60 kilometer untuk kembali ke rumah majikannya. Ia melakukan perjuangan panjang itu setelah tertinggal oleh pemiliknya di area layanan jalan raya pada 26 hari sebelumnya.

Menurut media lokal, anjing berusia 7 tahun bernama Dou-Dou tersebut terpisah dari satu keluarga China di area layanan jalan raya ketika berhenti untuk istirahat dalam perjalanan jauh. Rupanya tidak ada yang memerhatikan bahwa Dou-Dou hilang sampai mereka tiba di tempat tujuan beberapa jam kemudian.

Baca juga: Indahnya Persahabatan Anjing dengan Lumba-Lumba, Sering Renang Bareng 

Mereka dilaporkan kembali untuk mencari hewan peliharaan itu keesokan harinya, tetapi tidak menemukan jejaknya. Untungnya anjing berbulu halus itu bisa pulang sendiri setelah hampir sebulan lamanya. Setibanya di rumah, Dou-Dou dalam keadaan kotor dan kurus setelah berjalan sejauh 60 km.

Untungnya Dou-Dou masih dalam keadaan sehat setelah berjuang untuk kembali. Sang pemilik, Qiu, mengatakan kepada surat kabar Pemerintah China Qianjiang Evening News bahwa dia mengaku telah membawa anjing peliharaannya itu dalam perjalanan dari rumahnya di Hangzhou ke perdesaan untuk mengunjungi seorang kerabat.

Anjing Dou-Dou pulang setelah sebulan hilang. (Foto: Oddity Central)

Dalam perjalanan ke tempat tujuan, mereka berhenti untuk istirahat di Stasiun Layanan Tong Lu atau sekira 60 km dari rumahnya. Qiu mengatakan bahwa dia dan istrinya mengira Dou-Dou tetap berada di dalam mobil saat mereka menjaga anaknya yang masih kecil. Mereka bahkan tidak menyadari anjing itu pergi sampai mereka mencapai tujuan.

Baca juga: Aksi Seekor Anjing Lindungi Anak Kecil saat Dimarahi Ibunya 

Keesokan harinya Qiu berkendara kembali ke area layanan dan mencari Dou-Dou selama dua jam. Tapi tidak ada tanda-tanda yang memperlihatkan keberadaannya. Qiu kembali ke sana beberapa kali setelah itu, tetapi tidak pernah melihat anjing itu hingga akhirnya keluarga itu kehilangan semua harapan untuk bertemu Dou-Dou kembali.

"Kami hanya berharap ia akan bertahan dan menemukan orang baik hati yang akan mengadopsinya," kata Qiu, sebagaimana dikutip dari Oddity Central, Kamis (29/10/2020).

Namun setelah hampir sebulan Dou-Dou menghilang, Qiu melihat seekor anjing liar yang kurus di depan pintu mereka. Saat ia bersiap mengusirnya, Qiu menyadari bahwa itu sebenarnya adalah Dou-Dou yang mereka cari. Ketika dibelai anjing malang itu sangat kurus sehingga Qiu hampir tidak bisa mengenalinya. Tapi tidak ada keraguan bahwa itu adalah Dou-Dou.

Baca juga: Parah, Anjing Ini Telan Cincin Tunangan 

"Selain lebih kurus dari sebelumnya, Dou-Dou masih menjadi diri yang sama. Matanya bersinar dengan cahaya. Untungnya tidak ada luka apa pun. Meskipun Dou-Dou lelah dan berjalan sempoyongan pada hari pertama, dia menjadi jauh lebih energik akhir-akhir ini," terang Qiu.

Saat ini kisah Dou-Dou telah menyebar di media sosial, dan membuat para ahli terkesan. Sementara beberapa orang menyatakan bahwa keberhasilan Dou-Dou untuk pulang ke rumah adalah tidak disengaja. Sementara sebagian besar mengatakan bahwa kemampuannya untuk menemukan rumahnya dari jauh bukanlah hal yang luar biasa.

Baca juga: Anjing Ternyata Takut Petir, Ini Penyebabnya 

Anjing Dou-Dou pulang setelah sebulan hilang. (Foto: Oddity Central)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini