Libur Panjang di Rumah Aja? Lakukan Ini Supaya Anak Tetap Happy

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 12:31 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 612 2301086 libur-panjang-di-rumah-aja-lakukan-ini-supaya-anak-tetap-happy-NwSLhbGnLZ.jpg Ilustrasi memasak bersama anak. (Foto: Dok Okezone)

LIBUR panjang yang dimulai Rabu 28 Oktober 2020 memberi ruang untuk sebagian orang bernapas alias liburan. Ya, meski mereka sadar ada risiko paparan virus corona, pilihan untuk berlibur tetap dipilih dengan catatan menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin.

Namun jika Anda dan keluarga cenderung memilih tetap bertahan di dalam rumah pada momen libur panjang ini, jangan khawatir. Psikolog Anak Karina Istifarisny punya solusi yang bisa dilakukan agar anak tetap mendapatkan kesenangan di momen libur panjang ini.

Baca juga: Kisah Anjing Dou-Dou Berjalan 60 Km untuk Pulang Setelah Hilang Sebulan 

Ia menjelaskan, bukan menjadi halangan ketika Anda belum mau pergi keluar rumah untuk berlibur. Alasan khawatir terpapar sangat logis sekali. Terlebih Anda mau mengajak anak.

Nah, menyiasati jenuh dan ingin liburan, Anda sebagai orangtua bisa melakukan beberapa aktivitas menarik bersama anak. "Kalau ada kendaraan pribadi, enggak ada salahnya buat keliling kota, tapi sebisa mungkin enggak turun mobil, ya," kata Karina kepada Okezone beberapa waktu lalu.

Ilustrasi anak memasak. (Foto: Imgkid)

Tapi kalau Anda dan keluarga ingin menghabiskan akhir pekan di sekitaran rumah, ini pun masih memungkinkan untuk dilakukan dan membuat si anak bahagia. Aktivitasnya apa, bagi Karina, itu sangat tergantung kesepakatan bersama.

"Kalau memang senangnya baca buku bareng, nonton film, main musik bareng, ya lakukanlah bersama-sama. Semuanya baik untuk anak," papar Karina.

Baca juga: Pria Juga Perlu Rawat Kulit Loh, Ini Pilihan Moisturizer untuk Segala Jenis Kulit 

Intinya lakukan aktivitas yang tetap membuat anak bahagia, makanya diperlukan diskusi ringan untuk menentukan hal apa yang akan dilakukan bersama di momen libur panjang ini.

Karina coba memberikan saran juga untuk Anda yang mau memberikan hiburan ke anak sekaligus menanamkan nilai belajar. Ada tiga aktivitas yang sangat direkomendasikan untuk dilakukan bersama anak, apa saja?

1. Masak

Izinkan anak berperan sebagai koki dan menentukan akan memasak apa. Manfaatkan gawai untuk menentukan masakan yang akan dibuat, lalu kerjakan bersama anak.

"Memang sedikit lebih memakan waktu, tapi kegiatan ini selain mendekatkan orangtua dan anak, juga membantu anak memahami bahwa agar makanan terhidang di meja, ada proses yang harus dijalani," terang Karina.

2. Berkebun

Kegiatan berkebun bisa membantu anak-anak memanfaatkan potensi motoriknya yang selama kegiatan di rumah saja kurang terfasilitasi. Beri kesempatan anak untuk mencabut rumput, memetik daun, atau menyiram tanaman sambil orangtua memberikan informasi mengenai berbagai jenis tanaman dan cara perawatannya.

Baca juga: Deretan Barang Mahal Anak Kylie Jenner, Baru 2 Tahun Punya Tas Hermes 

3. Mencuci kendaraan

Kegiatan ini paling diminati anak-anak karena bermain dengan air. Pada usia anak-anak, bergerak sangat penting untuk memaksimalkan potensi fisiknya, sehingga dalam kegiatan ini, anak bisa bersenang-senang sekaligus mengasah kemampuan motoriknya.

"Pada dasarnya, apa pun yang dilakukan bersama menimbulkan perasaan nyaman dan bahagia, dan ini sangat baik bagi anak. Selamat bersenang-senang walau di rumah aja," pungkas Karina.

Baca juga: Inspirasi Outwear Hijab Kekinian, Modis dan Cantik 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini