Ingin Pelihara Ikan Cupang? Siapkan Dulu Perlengkapan Ini

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 11:52 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 612 2301137 ingin-pelihara-ikan-cupang-siapkan-dulu-perlengkapan-ini-Qb1g7BkB6A.jpg Ikan cupang. (Foto: Pietro Jeng/Unsplash)

MEMELIHARA ikan cupang menjadi salah satu hobi favorit selama masa pandemi virus corona (covid-19). Cupang merupakan ikan yang tergolong mudah dirawat dan memiliki ketahanan hidup lebih tinggi. Anda cukup mengatur Ph dan sering mengganti air untuk merawat hewan cantik ini.

Meski mudah dan tidak membutuhkan perawatan ekstra, Anda perlu menyiapkan beberapa perlengkapan khusus sebelum memelihara cupang. Berikut alat-alat yang dibutuhkan untuk memelihara cupang, sebagaimana dirangkum dari Japanese Fighting Fish, Kamis (29/10/2020).

Baca juga: Daftar Ikan yang Sedang Tren Selama Pandemi Covid-19 

1. Ember atau wadah berukuran besar

Ember atau wadah besar adalah perlengkapan penting selama proses penggantian air ikan cupang. Setiap minggu Anda harus membuang 10 sampai 15 persen air akuarium dan terkadang air harus dikosongkan seutuhnya. Ember dapat berguna dalam hal lain, seperti tempat membersihkan ornamen akuarium atau tempat menyimpan semua peralatan akuarium Anda yang lain.

2. Siphon

Siphon merupakan alat yang penting untuk perawatan akuarium ikan cupang. Selain berfungsi mengeluarkan air dan memindahkannya ke ember, alat ini juga dapat digunakan untuk membersihkan kotoran ikan. Siphon bekerja dengan menekan pompa kecil yang ada di tangan secara manual.

Ikan cupang. (Foto: Huy Phan/Unsplash)

3. Pembersih alga

Pembersih alga dapat menghilangkan lumut yang menempel di kaca. Terkadang warna keruh seperti air kotor sebenarnya adalah lumut yang menempel di kaca akuarium. Pastikan sikat pembersih bisa mencapai dasar tangki akuarium.

Baca juga: Pelihara Ikan Cupang saat Pandemi? Bikin Aquascape Sekalian Saja! 

4. Jaring ikan

Jaring ikan adalah alat yang sangat berguna untuk membuang kotoran yang lebih besar di akuarium. Alat ini juga diperlukan untuk memindahkan ikan dari tangki. Jaring ikan adalah cara teraman untuk memindahkan ikan.

5. Penjepit tanaman

Penjepit tanaman akuarium akan sangat membantu ketika ingin menanam tanaman hidup atau membuangnya. Benda ini juga dapat membantu menjangkau area yang jauh di dalam tangki dan mengambil puing-puing seperti makanan ikan yang tidak dimakan.

6. Kondisioner air

Air bersih adalah kunci utama dalam pemeliharaan akuarium. Tanpa air bersih, ikan akan sakit dan mati. Kondisioner air ini dapat menghilangkan segala sesuatu yang berbahaya bagi ikan yang dapat ditemukan di air keran misalnya sisa klorin.

7. Handuk atau kain kecil

Anda memerlukan alat ini untuk membersihkan air yang tumpah selama melakukan pergantian air. melakukan penggantian air. Direkomendasikan untuk menggunakan handuk khusus untuk mengelap akuarium dan hindari menggunakan handuk kamar mandi, dapur atau yang biasa digunakan untuk keperluan rumah tangga.

Baca juga: Intip Keseruan Nadine dan Dimas Anggara Pelihara Ikan Cupang 

8. Termometer

Termometer harus dipasang ke akuarium setiap saat. Sebab suhu air sangat penting dan harus tetap stabil. Ikan cupang menyukai suhu 77 hingga 79 derajat Fahrenheit atau sekira 25 sampai 26 Celsius.

9. Alat penguji Ph air

Jika Anda mencurigai ikan mulai sakit, hal pertama yang harus diperiksa adalah Ph air. Alat penguji air sederhana akan mengukur kondisi utama yang penting bagi kesehatan ikan. Sebelum memasukkan ikan ke akuarium, Anda perlu memeriksa Ph air terlebih dahulu.

10. Termos

Anda akan membutuhkan termos berukuran besar untuk mencampur kondisioner dengan air sebelum menambahkannya ke dalam akuarium. Termos juga merupakan tempat yang bagus untuk mencuci barang atau ornamen sebelum menambahkannya ke dalam akuarium.

Baca juga: Mau Ikut Kontes Ikan Cupang, Ini Kriteria yang Harus Diperhatikan 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini