5 Ikan Hias yang Menarik Dipelihara Selain Cupang

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Kamis 29 Oktober 2020 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 29 612 2301179 5-ikan-hias-yang-menarik-dipelihara-selain-cupang-aIuRGK1GK8.jpg Ikan discus. (Foto: Unsplash)

SELAMA masa pandemi virus corona (covid-19), masyarakat Indonesia memilih menyalurkan hobi dengan memelihara hewan. Ikan menjadi hewan favorit yang dipilih karena relatif simpel dan mudah diurus. Salah satu ikan yang kini sedang booming dan digemari oleh masyarakat adalah cupang.

Meski demikian, ada beberapa ikan lain yang menarik dan tidak kalah cantiknya untuk dipelihara. Bahkan, ikan-ikan ini juga mudah dirawat dan cocok untuk diletakkan ke dalam aquascape.

Baca juga: Ingin Pelihara Ikan Cupang? Siapkan Dulu Perlengkapan Ini 

Berikut lima daftar ikan yang menarik untuk dipelihara selain cupang, sebagaimana dirangkum dari Aquarium Info, Kamis (29/10/2020).

1. Ikan tetra

Ikan tetra terdiri dari beberapa jenis, beberapa di antaranya adalah amber tetra, cardinal tetra, neon tetra, black neon tetra, harlequin tetra, dan masih banyak lagi. Ikan ini berukuran kecil dan memiliki warna-warna yang mencolok sehingga cocok sebagai pemanis aquascape Anda.

Ikan tetra. (Foto: Aquarium Info)

2. Angel fish

Angel Fish kerap digunakan dalam pengaturan aquascaping. Ikan ini lebih sensitif daripada spesies lain terhadap perubahan kualitas air. Ikan ini sangat cocok disandingkan dengan aneka tanaman untuk mencegah penurunan pH akuarium.

Angel fish. (Foto: Aquarium Info)

Baca juga: Daftar Ikan yang Sedang Tren Selama Pandemi Covid-19 

3. Rainbow fish

Ikan rainbow menjadi semakin populer di kalangan aquascaping. Ini karena warna-warna cerah alami mereka yang memantulkan cahaya di akuarium. Sisik pelangi dipantulkan dan ditambahkan cahaya dan gerakan ke aquascape yang statis.

Rainbow fish. (Foto: Aquarium Info)

4. Dwarf gourami

Dwarf gourami adalah tambahan ikan dari akuarium klasik yang memiliki kepribadian sangat baik dan warna reflektif cerah. Ikan ini sangat cocok dimasukkan ke dalam aquascape yang berukuran cukup besar.

Ikan dwarft gourami. (Foto: Aquarium Info)

Baca juga: Pelihara Ikan Cupang saat Pandemi? Bikin Aquascape Sekalian Saja! 

5. Discus

Discus merupakan spesies paling unik serta berwarna-warni dan sangat cocok untuk aquascape. Ikan ini berasal dari Amazon dan diyakini warna cerah ini diperlukan di perairan gelap keruh untuk menemukan dan menarik pasangan. Sayangnya discus dapat tumbuh menjadi cukup besar. Mereka harus disediakan aquascapes yang berukuran cukup besar.

Ikan discus. (Foto: Aquarium Info)

Baca juga: Intip Keseruan Nadine dan Dimas Anggara Pelihara Ikan Cupang 

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini