4 Makanan Berkuah yang Cocok Disantap saat Musim Penghujan

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2020 13:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 298 2301562 4-makanan-berkuah-yang-cocok-disantap-saat-musim-penghujan-trgtDgTZz1.jpg Mi godhog (Foto: Inst Hanikaulia)

Cuaca dingin dan berangin selama musim penghujan di Tanah Air membuat masyarakat rentan sakit. Alhasil mengonsumsi makanan hangat agar suhu tubuh tetap terjaga sangat disarankan.

Biasanya makanan berkuah yang gurih dan lezat menjadi pilihan menarik yang bisa dilakukan saat musim hujan.

Merangkum dari berbagai sumber, Jumat (30/10/2020), berikut deretan makanan berkuah yang cocok dikonsumsi saat cuaca dingin atau sedang musim hujan.

1. Rawon

 rawon

Makanan berkuah hitam pekat khas Jawa Timur ini juga bisa menjadi pilihan santapan Anda saat musim hujan. Kluwek yang digunakan untuk memberikan warna hitam pekat pada masakan ini merupakan biji yang berasal dari tanaman kepayang.

Di balik kepekatan warnanya, kluwek mengandung zat besi dan vitamin C. Vitamin C dikenal sebagai sumber anti oksidan yang bisa meningkatkan daya tahan supaya tubuh tidak rentan sakit dan terserang virus. Terlebih, kluwek memiliki sifat anti septik dan zat anti mikroba untuk menyehatkan sistem pencernaan dan menawar racun.

2. Soto

 soto

Menu yang satu ini bisa Anda jumpai di berbagai daerah di Indonesia dengan kekhasannya masing-masing. Pada dasarnya, soto dimasak menggunakan kunyit dan jahe. Jahe yang dimasak dengan campuran beberapa rempah lainnya memang sangat cocok jika disantap ketika cuaca sedang dingin atau hujan.

Jahe memiliki fungsi untuk menghangatkan tubuh serta memancing produksi keringat. Selain itu, jahe memiliki kandungan anti inflamasi dan anti bakteri yang membantu mengatasi hidung tersumbat, mual, pilek, dan demam. Jika soto yang dimasak menggunakan kunyit, maka kandungan curcuminnya mampu meningkatkan resistensi sel terhadap kerusakan, infeksi, dan peradangan.

3. Mi rebus

 mi rebus

Salah satu mi yang cocok disantap ketika hujan adalah mie godhog atau mi rebus. Makanan khas Jawa Tengah ini selalu disajikan dalam kondisi panas. Mi berkuah tersebut dimasak dengan campuran rempah-rempah yang akan memberikan efek yang baik bagi kesehatan. Selain itu mi rebus dinilai sehat karena dilengkapi dengan aneka sayuran seperti kubis, sawi, tomat, serta suwiran ayam kampung rebus.

Baca juga: 10 Tips Buat Balkon Rumah Jadi Instagramable

4. Bakso

 bakso

Kuah bakso yang gurih dan lezat mampu menghangatkan tubuh dan sangat cocok di santap saat musim hujan yang dingin. Selain itu Anda juga bisa menentukan berbagai jenis bakso sesuai dengan selera. Misalnya bakso polos, bakso urat, bakso telur, bakso tahu, pangsit dan lain sebagainya.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini