5 Tips Jajan Makanan Aman di Tengah Pandemi Covid-19

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Sabtu 31 Oktober 2020 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 298 2301605 5-tips-jajan-makanan-aman-di-tengah-pandemi-covid-19-eG2zDNKmOT.jpg Jajan burger (Foto: Halal Zilla)

Di tengah pandemi Covid-19 kita harus semakin menjga kebersihan dan kesehatan agar tak terkena Covid-19. Termasuk dalam hal jajan makanan, kita juga harus mengikuti protokol kesehatan.

Seperti dilansir dari Consumerfed, terdapat 5 tips aman yang bisa dilakukan saat jajan atau membeli makanan. Simak yuk, apa saja?

 jaga jarak

1. Menjaga jarak sosial

Meminimalkan perjalanan ke toko, menjaga jarak saat berbelanja, dan membersihkan barang belanjaan setelahnya adalah hal yang wajib untuk dilakukan. Jarak sosial akan mengurangi peluang penularan virus yang melindungi kesehatan Anda, dan komunitas Anda.

Cobalah menjaga jarak sejauh dua meter dari pembeli lainnya. Lepaskan tas yang dapat digunakan kembali, dan cuci tangan Anda secara menyeluruh setelah pulang dan membongkar makanan.

2. Pahami risiko makanan yang terkait dengan virus corona

Menurut Food and Drug Administration (FDA) paparan virus corona terhadap makanan masih belum dipastikan bisa menjadi sumber penularan. Penelitian belum menunjukkan bahwa Anda dapat menangkap virus dari makan makanan yang terkontaminasi.

Beberapa studi mendokumentasikan bukti bahwa virus menyebabkan gejala gastrointestinal, dan memiliki potensi untuk menyebar melalui makanan. Tapi para ahli keamanan pangan mengatakan kemungkinan hal yang terjadi tidak signifikan.

Risiko penularan yang lebih besar adalah dari seseorang yang dekat dengan Anda. Bisa menular melalui tetesan pernapasan yang dihasilkan ketika orang yang terinfeksi batuk atau bersin.

3. Cuci tangan usai berbelanja

Menurut FDA virus menyebar dari manusia ke manusia, tetapi bisa saja dengan menyentuh permukaan atau objek yang memiliki virus di atasnya dan secara tidak sengaja menyentuh mulut, hidung, atau mungkin mata mereka.

Para peneliti telah mendeteksi virus yang layak pada permukaan benda beberapa hari setelah terkontaminasi. Virus ini lebih stabil pada plastik dan stainless steel daripada pada tembaga dan kardus. Jadi mencuci tangan setelah memegang bahan makanan atau kemasan makanan sangatlah penting.

4. Beli makanan secara online

Beli makanan secara online sangat direkomendasikan. Anda bisa memesan aneka makanan atau jajan yang bisa disimpan cukup lama sebagai persediaan bahan makanan yang Anda miliki.

Baca juga: 10 Tips Buat Balkon Rumah Jadi Instagramable

5. Cuci tangan pakai sabun sebelum makan

Usai menerima makanan yang Anda pesan melalui aplikasi online, segera cuci tangan Anda pakai sabun begitu menerima pesanan. Ini perlu dilakukan guna mencegah penularan virus corona sebelum Anda menyantap makanan yang dipesan secara online.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini