Ahli Epidemiolog Bagikan Tips Liburan Aman dari Covid-19, Catet Nih!

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2020 09:11 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 481 2301455 ahli-epidemiolog-bagikan-tips-liburan-aman-dari-covid-19-catet-nih-iVu7xJJmek.jpg Asyiknya staycation (Foto: Inst Staycation Jogja)

Selamat datang libur panjang! Momen ini sejatinya sudah berlangsung sejak Rabu, 28 Oktober 2020, tapi bagi sebagian orang liburan itu dimulai hari ini, Jumat (30/10/2020).

Sebagian dari Anda memutuskan untuk pergi berlibur, ada yang keluar kota atau juga memilih untuk staycation. Tentu, menjalankan protokol kesehatan harus dilakukan agar Anda dan keluarga tidak terpapar virus corona.

Nah, Epidemiolog dari Griffith University Australia Dicky Budiman, menyarankan beberapa hal yang harus diperhatikan masyarakat dalam berlibur. Sekali lagi, ini diberikan dengan harapan bisa meminimalisir penyebaran virus corona di tengah masyarakat.

 staycation

Saran pertama adalah diusahakan tidak liburan dengan kendaraan umum. Jadi, pergi dan pulang dengan kendaraan pribadi atau usahakan tidak melakukan perjalanan dengan orang asing.

"Ini terkait dengan upaya meminimalisir perkumpulan orang. Sebab, risiko yang Anda akan terima berbeda jika Anda pergi liburan dengan kendaraan umum," terangnya dalam Instagram Live Okezone, beberapa waktu lalu.

Jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, solusi yang coba ditawarkan Dicky adalah dengan menyewa kendaraan. Ini dilakukan sekali lagi agar Anda tidak bepergian bersama dengan orang asing yang mungkin saja mereka ada yang terinfeksi Covid-19.

Kemudian, saran berikutnya adalah tidak melibatkan lansia dan bayi dalam perjalanan liburan kali ini. Sebab, dua kelompok ini masuk dalam orang yang rentan terinfeksi Covid-19.

"Jadi, jangan bawa lansia, kakek atau nenek, pergi berlibur. Selain itu, bayi juga jangan diajak keluar rumah apalagi untuk bertemu dengan orang-orang asing dalam kerumunan," terangnya.

Baca juga: 10 Tips Buat Balkon Rumah Jadi Instagramable

Dicky menjelaskan, kalau anak muda relatif lebih tidak berisiko. Tapi, menjadi catatan di sini ialah, jika si anak muda itu mengeluh pegal-pegal atau badannya enggak fit, sangat disarankan jangan liburan juga. "Jangan maksain liburan kalau badan enggak fit, ya, para anak muda," tambah Dicky.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini