Harus Ada Regulasi Uang Traveler Tak Hilang jika Batalkan Perjalanan karena Sakit

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2020 09:54 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 481 2301473 harus-ada-regulasi-uang-traveler-tak-hilang-jika-batalkan-perjalanan-karena-sakit-67N83jv1Bp.jpg Traveling (Foto: Inst backpackertampan)

Menyikapi momen libur panjang, Ahli Epidemiolog Griffith University Australia, Dicky Budiman, meminta agar pemerintah mengeluarkan regulasi bersifat akomodatif-suportif dalam hal perjalanan. Ini berkaitan dengan menjamin terlaksananya pencegahan penyebaran Covid-19 di Indonesia.

Regulasi bersifat akomodatif-suportif itu maksudnya adalah memastikan masyarakat atau calon penumpang kendaraan umum tidak kehilangan uang mereka jika melakukan pembatalan karena alasan kesehatan.

 traveling naik pesawat

"Jadi, pemerintah harus punya aturan wisata termasuk travel, sehingga peraturannya itu harus klausul yang meringankan penduduk, warga, atau penumpang yang tiba tiba membatalkan perjalanan dengan alasan kesehatan, uangnya dijamin tidak hilang," papar Dicky dalam Live Instagram Okezone, belum lama ini.

Regulasi ini, sambung Dicky, perlu dikeluarkan dalam kaitannya untuk melindungi yang lain juga. "Ini yang disebut regulasi akomodatif-suportif dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di tengah masyarakat," katanya.

Ia melanjutkan, dalam register sudah disampaikan bahwa bila seseorang tidak sehat, jangan dipaksakan untuk melakukan perjalanan. Nah, dengan regulasi ini, berarti ada poin tambahan yaitu calon penumpang harus dilindungi uangnya supaya tak hilang karena membatalkan perjalanannya demi alasan kesehatan.

"Pilihan regulasinya bisa dikembalikan secara utuh uang pembelian tiketnya atau ganti hari. Hal kayak gini yang harus diperhatikan pemerintah dalam situasi pandemi seperti sekarang," tegas Dicky.

Menurut Dicky, jika tidak ada regulasi seperti ini, pemerintah salah besar. Sebab, ini diperlukan agar masyarakat benar-benar mau menahan dirinya untuk bepergian jika dia sakit. Gambarannya seperti ini 'uang akan hangus kalau tidak jadi pergi padahal lagi sakit'

Baca juga: 10 Tips Buat Balkon Rumah Jadi Instagramable

"Jika memang mau melakukan pengendalian penyebaran, maka regulasi seperti ini harus dikeluarkan dan diterapkan. Regulasi ini sebagai bentuk aksi nyata dalam upaya pemerintah memberi penjaminan pada masyarakat. Jadi, satu kata dan perbuatan," tambah Dicky.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini