Liburan dengan Mobil Rental, Benarkah Aman?

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2020 10:28 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 481 2301485 liburan-dengan-mobil-rental-benarkah-aman-POTSLPFVEy.jpg Traveling pakai mobil rental (Foto: New York Post)

Anda yang berencana melakukan perjalanan di momen libur panjang ini sangat disarankan agar tidak menggunakan kendaraan umum. Saran ini dimaksudkan agar Anda meminimalisir paparan Covid-19 yang mungkin saja dibawa orang asing.

Ahli Epidemiologi dari Griffith University Australia, Dicky Budiman, pun menyarankan jika Anda tidak memiliki kendaraan pribadi, maka bisa menggunakan mobil rental. Ini dilakukan sekali lagi, guna menjauhi kerumunan dengan orang asing.

 traveling naik mobil

"Ini terkait dengan upaya meminimalisir perkumpulan orang. Sebab, risiko yang Anda akan terima berbeda jika Anda pergi liburan dengan kendaraan umum," terangnya dalam Instagram Live Okezone, beberapa waktu lalu.

Nah, menjadi pertanyaan sekarang, bagaimana memastikan mobil rental yang Anda akan gunakan bebas dari virus SARS-CoV2 penyebab Covid-19?

Diungkapkan Ketua Divisi Penyakit Infeksi dari University at Buffalo, dr Thomas Russo, Anda bisa memastikan mobil rental itu benar aman dan bersih. Pertama, pastikan mobil yang Anda gunakan memang diisi Anda dan keluarga, bukan bersama orang asing lainnya.

"Ingatlah bahwa sebagian besar penyebaran virus corona itu melalui pernapasan, bukan benda mati. Jadi, pastikan Anda melakukan perjalanan nantinya hanya dengan keluarga, tidak ada orang asing di dalam kendaraan tersebut," papar dr Russo, dikutip dari Business Insider.

Soal menjamin kebersihan, dia melanjutkan, mobil memiliki risiko yang lebih kecil menularkan virus dibandingkan orang asing yang akan satu mobil dengan Anda. Pastikan juga selalu pakai masker di dalam mobil untuk menjamin keamanan.

Lalu, jangan ragu untuk melakukan pembersihan ulang oleh Anda sendiri pada area bagian dalam mobil. Misalnya melakukan penyemprotan disinfektan di handle pintu atau area lainnya yang sering disentuh.

 Baca juga: 10 Tips Buat Balkon Rumah Jadi Instagramable

"Hal yang penting dilakukan adalah Anda tetap melakukan pencegahan dengan menggunakan alat pelindung diri selama di dalam mobil dan sering cuci tangan dengan hand sanitizer setelah menyentuh area mobil jika dirasa perlu untuk menjamin kebersihan tangan Anda. Usahakan untuk tidak menyentuh area hidung, mulut, atau mata selama perjalanan," tambah dr Russo.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini