P3K Pandemi yang Perlu Anda Tahu, Jangan Lupa Bawa saat Liburan

Muhammad Sukardi, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2020 10:56 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 481 2301494 p3k-pandemi-yang-perlu-anda-tahu-jangan-lupa-bawa-saat-liburan-3wjSyJdaa6.jpg Liburan bersama (Foto: Rehlat)

Merencanakan perjalanan di tengah pandemi berarti Anda siap repot. Ya, liburan di tengah pandemi tidak lagi sama dengan liburan Anda sebelum-sebelumnya.

Memahami protokol kesehatan menjadi landasan utama agar perjalanan liburan Anda aman dari paparan Covid-19. Selain itu, Anda pun sangat disarankan untuk membawa beberapa perlengkapan P3K pandemi yang akan jadi teman baru Anda di libur panjang kali ini.

Menurut laporan Forbes, berikut ini P3K pandemi yang harus Anda bawa untuk libur panjang:

 masker

1. Masker

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyarankan agar Anda membawa masker cadangan dan disimpan di tempat yang baik. Jadi, jangan cuma bawa masker yang Anda kenakan di wajah, ya.

2. Disinfektan sprey

Benda yang satu ini jangan tertinggal dari list P3K pandemi Anda, ya. Sebab, virus corona diketahui bisa bertahan di benda mati dan dengan menggunakan disinfektan sprey, Anda bisa memastikan benda yang dipegang tidak lagi mengandung virus.

Jika dirasa disinfektan sprey terlalu ribet dibawa, maka bisa diganti dengan tisu dengan kandungan alkohol setidaknya 70 persen. Jadi, tidak ada alasan untuk malas membersihkan permukaan benda yang Anda sentuh, ya.

3. Hand sanitizer

Selain bawa disinfektan sprey, benda yang satu ini juga jangan sampai ketinggalan. Ya, hand sanitizer bisa jadi penyelamat Anda jika sulit menemukan air dan sabun. Pastikan kandungan alkohol hand sanitizer-nya di atas 60 persen, ya.

 Baca juga: 10 Tips Buat Balkon Rumah Jadi Instagramable

4. Sarung tangan sekali pakai

Benda ini pun jangan sampai kelewatan untuk dibawa. Sarung tangan sekali pakai bisa sekali digunakan jika Anda tidak mau menyentuh benda-benda secara langsung. Pastikan bawa dengan jumlah yang banyak dan saat membukanya juga jangan sembarangan supaya tangan tidak tertransfer virus yang menempel di sarung tangan sekali pakai tersebut.

Selain 4 barang utama tersebut, disarankan juga untuk membawa barang-barang lainnya, misalnya vitamin yang biasa Anda konsumsi setiap harinya atau juga obat-obatan khusus, termasuk obat anti-diare.

Pastikan juga Anda pergi berlibur dengan kondisi tubuh yang benar-benar fit. Mulai dari suhu tubuh tidak sedang demam dan tidak ada gejala yang mengarah ke Covid-19. "Jika Anda sehat, maka perjalanan lebih minim risiko, tapi kalau tidak enak badan, ini bisa sangat berisiko terpapar Covid-19," kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam di Caremount Medical di Mount Kisco, New York, dr Robert A. Wolfson, M.D.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini