Long Weekend, Ini 5 Tips Aman Naik Pesawat di Tengah Pandemi

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2020 11:44 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 481 2301519 long-weekend-ini-5-tips-aman-naik-pesawat-di-tengah-pandemi-NykgKwqBFE.jpg Naik pesawat (Foto: Pinterest)

Saat long weekend, pasti banyak orang yang sudah merencanakan liburannya masing-masing. Sebab memang selama pandemi ini kita sudah menahan diri.

Buat kamu yang mau traveling naik pesawat namun ingin aman dari Covid-19, begini tipsnya. Seperti dilansir dari Outlook India, simak ya caranya.

 masker

1. Membawa peralatan kesehatan

Ada beberapa barang yang harus Anda bawa saat bepergian. Anda harus menyertakan pembersih tangan (dengan kandungan alkohol lebih dari 60%), tisu desinfektan, tisu, dan masker wajah. Barang-barang ini dapat membantu Anda menjaga tingkat kebersihan tertentu dan mencegah kontak dengan droplet penyebab Covid-19.

 

2. Sering bersihkan tangan

Virus Corona kini semakin tinggi jumlah yang positif dan ditambah lagi ada yang ternyata positif namun tidak mempunyai gejala. Hal ini membutuhkan kewaspadaan yang tinggi.  

Penting untuk berhati-hati saat menggunakan perangkat atau menyentuh permukaan yang juga pernah digunakan orang lain, seperti ATM, mesin check-in, eskalator, dan sejenisnya. Anda harus sering membersihkan tangan baik dengan cuci tangan atau pakai hand sanitizer setiap kali Anda menyentuh salah satu permukaan ini benda.

Demikian pula, berhati-hatilah dengan barang-barang Anda yang sering disentuh, seperti ponsel dan dompet. Simpan di dalam tas, jangan terekspos selama pemeriksaan keamanan. Ponsel Anda harus terus didesinfektan beberapa kali sehari.

3. Minimalkan kontak manusia

Jika memungkinkan, cobalah mengandalkan teknologi dan otomatisasi. Dapatkan boarding pass Anda dari mesin dan bersihkan tangan Anda setelahnya. Sama halnya ketika Anda makan di bandara, coba bayar menggunakan opsi tanpa kontak.

4. Duduk dekat jendela

Sebisa mungkin selalu pilih tempat duduk dekat jendela. Sebuah studi oleh para peneliti di Emory University dan Georgia Tech menemukan bahwa cara terbaik untuk menghindari kuman di pesawat adalah dengan duduk di kursi dekat jendela dan tetap duduk selama penerbangan.

Penumpang yang terinfeksi kemungkinan besar tidak akan menginfeksi orang yang duduk lebih jauh dari dua kursi di samping mereka atau satu atau dua baris di depan atau di belakang.

Risiko penularan tidak langsung dapat dihilangkan dengan menjaga kebersihan tangan dan menghindari kontak dengan mata, hidung dan mulut.

Baca juga: 10 Tips Buat Balkon Rumah Jadi Instagramable

5. Tetap di rumah jika Anda sakit

Ini adalah poin terpenting. Jangan berpergian dan tetap di rumah jika Anda sakit, apalagi sampai demam. Lindungi diri dan orang lain dari infeksi Covid-19.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini