Tips Liburan Aman agar Terhindar dari Covid-19

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2020 13:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 481 2301547 tips-liburan-aman-agar-terhindar-dari-covid-19-SXkptQ5FhV.jpg Liburan aman dari Covid-19 (Foto: Conde Nast Traveler)

Menghabiskan waktu di luar rumah saat libur panjang merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan untuk menghilangkan penat. Namun, selama masa pandemi Covid-19 Anda tidak bisa meninggalkan rumah dengan sembarangan.

Protokol kesehatan yang ketat wajib diterapkan untuk menjaga Anda agar terhindar dari Covid-19.

Bagi Anda yang merencanakan untuk pergi liburan keluar rumah, ada baiknya memperhatikan beberapa hal penting demi menjaga keamanan dan kesehatan bersama. Melansir dari Asia One, Jumat (30/10/2020), berikut lima hal yang wajib diperhatikan saat liburan agar kamu tak tertular Covid-19. Penasaran kan?

 tenda

1. Bangun tenda jauh dari keramaian

Jika kamu memutuskan untuk pergi piknik maka carilah tempat yang tidak terlalu ramai. Cobalah membangun tenda dengan radius minimal dua meter dari tenda lainnya. Cara ini akan membuat istirahat Anda lebih aman dan nyaman.

2. Lepaskan masker hanya ketika hendak makan

Menggunakan masker adalah peraturan penting yang tidak bisa dilupakan. Menggunakan masker bisa mengurangi potensi penularan Covid-19 hingga 75 persen. Kamu bisa lepas masker ketika hendak makan.

3. Membawa peralatan makan sendiri 

Mulailah dengan membawa aneka peralatan makan sendiri yang sifatnya dapat digunakan kembali saat memutuskan untuk berlibur di luar rumah. Jangan pakai peralatan makan secara bergantian, karena air liur adalah salah satu media penularan Covid-19.

4. Bagikan porsi makanan secara individual

Sebaiknya bagiukan makanan secara individual untuk menghindari banyak perangkat makan yang masuk ke dalam wadah. Cara ini diprediksi bisa menurunkan kemungkinan penyebaran Covid-19 dalam kelompok.

Baca juga: 10 Tips Buat Balkon Rumah Jadi Instagramable

5. Hindari berlama-lama di laut

Klorin adalah salah satu bahan kimia yang secara efektif mencegah Covid-19 menyebar di kolam. Namun jika kamu memutuskan pergi ke pantai, maka berpikirlah dua kali sebelum memutuskan untuk bernang. Cairan tubuh adalah penyebab utama infeksi Covid-19 dan kamu tidak pernah tahu siapa yang telah membuang kotoran di laut.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini