Musim Hujan Tiba, Ini 5 Cara Mencegah Terinfeksi Flu

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 31 Oktober 2020 06:09 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 481 2301589 musim-hujan-tiba-ini-5-cara-mencegah-terinfeksi-flu-IVbotjsLmr.jpg Sakit flu (Foto: New Atlas)

Musim penghujan telah tiba, sebagian besar wilayah di Tanah Air sudah diguyur oleh hujan. Tentunya selama musim penghujan virus dan bakteri menjadi semakin aktif sehingga berisiko menularkan berbagai macam penyakit. Salah satu penyakit yang paling sering dialami selama musim penghujan adalah influenza.

Meski demikian flu bisa dicegah dengan melakukan beberapa cara. Merangkum dari Healthline, Jumat (30/10/2020), berikut beberapa tips mencegah penularan flu selama musim penghujan. Yuk disimak.

 suntik vaksin

1. Vaksinasi flu

Vaksin flu tidak 100 persen efektif, tetapi masih menjadi metode pencegahan flu yang paling sederhana dan dapat dilakukan untuk manusia yang berusia 6 bulan ke atas. Vaksinasi flu dapat dengan mudah diperoleh dari dokter Anda atau di apotek serta pusat kesehatan setempat.

Ada juga sejumlah vaksin flu khusus. Ini termasuk vaksin dosis tinggi untuk mereka yang berusia di atas 65 tahun. Sementara semprotan hidung untuk orang-orang tertentu diberikan antara usia 2 dan 50 tahun yang tidak hamil.

2. Menjaga kebersihan dengan rutin mencuci tangan

Selain dapat mencegah diri dari virus corona Covid-19, mencuci tangan juga efektif menangkal flu dan penyakit menular lainnya. Untuk membantu mengurangi risiko influenza atau infeksi menular lainnya, seseorang harus sering mencuci tangan dengan bersih.

The Mayo Clinic merekomendasikan mencuci tangan secara menyeluruh dan sering untuk mencegah infeksi. Mereka merekomendasikan pembersih tangan berbahan dasar alkohol jika sabun dan air tidak tersedia.

3. Hindari menyentuh mata, mulut, dan hidung

Anda mungkin sudah mencuci tangan secara teratur, tetapi tangan tidak akan bersih sepanjang hari. Itulah mengapa penting untuk menghindari menyentuh area tubuh Anda yang paling mudah terinfeksi kuman. Area ini termasuk cairan di mata, mulut, dan hidung.

Selain itu orang yang gemar menggigit kuku berisiko untuk menelan lebih banyak kuman. Maka hindari hal buruk itu.

4. Hindari keramaian

Selama musim flu, sebaiknya hindari keramaian yang tidak perlu dan perjalanan yang berlebihan. Terkadang area yang tidak berventilasi dengan banyak orang asing menjadi tempat penularan yang sangat baik. Tempat-tempat yang memiliki risiko tertinggi untuk terinfeksi flu adalah tempat dengan jumlah anak atau orang tua yang lebih tinggi.

Jika Anda harus pergi ke tempat-tempat ramai selama puncak musim flu, pastikan rajin menjaga kebersihan.

 Baca juga: 10 Tips Buat Balkon Rumah Jadi Instagramable

 

5. Mendisinfeksi permukaan yang terkontaminasi

Meskipun berada di dalam rumah, Anda harus rutin mendisinfeksi semua benda yang berpotensi menularkan penyakit. Area dengan sentuhan tinggi seperti meja dapur, terutama di dapur dan kamar mandi, penuh dengan kuman. Ini merupakan tempat di mana kita paling sering berhubungan dengan mulut, hidung, dan anggota badan lainnya.

Jika Anda menyiapkan camilan di permukaan yang terkontaminasi, berpotensi untuk maka Anda berpotensi menelan kuman tersebut. Benda apa pun yang disentuh anak-anak juga harus dibersihkan.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini