Musim Hujan, Baca Doa Ini agar Terhindar dari Banjir dan Longsor

Novie Fauziah, Jurnalis · Jum'at 30 Oktober 2020 08:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 612 2301452 musim-hujan-baca-doa-ini-agar-terhindar-dari-banjir-dan-longsor-AJdALOQWls.jpg Hujan deras (Foto: Sambad English)

Curah hujan yang semakin tinggi saat musim hujan membuat masyarakat antisipasi dari bencana, khususnya banjir dan longsor. Sebagai umat Islam tentunya diharuskan mendekatkan diri kepada Allah Subahanahu wa ta'ala.

Dai kondang Tanah Air, Ustadz Azhari Nasution mengatakan, ada doa agar selamat atau terhindar dari segala musibah seperti banjir.

 berdoa

"Doa ini untuk selamat dari musibah (seperti banjir), " ujarnya saat dihubungi Okezone beberapa waktu lalu.

Berikut ini adalah doa agar selamat dari berbagai musibah seperti banjir:

بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّ مَعَ اسْمِهِ شَيْئٌ فِى اْلاَرِضِ وَلاَ فِى السَّمَآءِ وَهُوَ السَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

Bismillahilladzi laa yadhurru ma’asmihi syai’un fil ardhi wa la fis samaa’i wahuwas sami’ul alim.

Artinya: "Dengan menyebut nama Allah yang bersama nama-Nya sesuatu itu tidak berbahaya di bumi dan di langit. Dan Dia Maha Mendengar lagi Mengetahui."

Baca juga: 10 Tips Buat Balkon Rumah Jadi Instagramable

Sementara itu, Wakil Ketua Majelis Dakwah dan Pendidikan Islam (Madani), Ustadz Ainul Yaqin menuturkan, musibah (banjir) yang terjadi kepada umat Islam adalah salah satu ujian untuk memperkuat keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

"Semua yang ada di muka bumi ini sudah di-setting oleh Allah. Jadi sebaiknya selalu memperbanyal istighfar dan berdoa," ucapnya.

Adapun doa agar terhindar dari musibah, yakni:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أعُوذُ بِكَ مِنَ الهَدْمِ وأعُوذُ بِكَ مِنَ

التَّرَدِّي وأعُوذُ بِكَ مِنَ الغَرَقِ وَالحَرَقِ وَالهَرَمِ وَأعُوذُ بِكَ أن يَتَخَبَّطَنِي الشَّيْطانُ عِنْدَ المَوْتِ وأعُوذُ بِكَ أنْ أمُوتَ فِي سَبِيلِكَ مُدْبِراً وأعُوذُ بِكَ أن أمُوتَ لَديغاً

Allâhumma innî a‘ûdzubika minal hadmi wa a‘ûdzubika minat taraddî wa a‘ûdzubika minal gharaqi wal haraqi wal harami wa a‘ûdzubika an yatakhabbathanîsy syaithânu ‘indal maut wa ‘aûdzubika an amûta fî sabîlika mudbiran wa a‘ûdzubika an amûta ladîghan

Artinya: "Ya Allah, sungguh aku berlindung kepada-Mu dari reruntuhan (longsor), dan aku berlindung pada-Mu dari tergelincir, dan aku berlindung pada-Mu dari tenggelam (banjir), terbakar, dan tak berdaya. Dan aku berlindung pada-Mu apabila syetan menjerumuskan padaku ketika akan mati, dan aku berlindung pada-Mu apabila mati dalam keadaan berbalik arah dari jalan-Mu (murtad), dan aku berlindung pada-Mu apabila mati karena disengat."(HR Abu Daud).

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini