Mengenal Bashkir Curlies, Kuda Unik Berbulu Keriting

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Sabtu 31 Oktober 2020 08:18 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 30 612 2301775 mengenal-bashkir-curlies-kuda-unik-berbulu-keriting-1LHjSd0m6N.jpg Kuda Curly (Foto: Instagram @x_paarden._x)

KUDA berbulu keriting yang dikenal sebagai Bashkir Curlies, American Bashkir Curlies, dan North American Curly Horses, adalah jenis khusus. Mereka datang dalam semua ukuran, warna, dan tipe tubuh, serta membawa gen bulu keriting unik dan menjadi sangat mengesankan di musim dingin.

Kuda-kuda ini seperti memamerkan mantel bulu khusus mereka di musim dingin. Selama musim panas, bulu mereka menunjukkan tekstur sedikit bergelombang di dalamnya atau terlepas seluruhnya. Jadi Anda hanya bisa melihat bulu keriting Bashkir Curly pada musim dingin.

Sebagaimana dilansir Oddity Central, Sabtu (31/10/2020), asal usul Bashkir Curly adalah salah satu misteri terbesar dalam dunia kuda. Mereka diberi nama sesuai dengan ras Bashkir Rusia. Para ilmuwan Rusia sepakat bahwa tidak ada bukti sejarah tentang kuda berambut keriting dari Bashkir.

Beberapa ahli telah menyarankan bahwa itu mungkin terkait dengan Lokai, jenis kuda dari Tajikistan. Sebab kedua ras tersebut memiliki beberapa karakteristik dan satu teori menyatakan bahwa ras ini berasal dari Iberia. Sebenarnya tidak ada yang tahu pasti dari mana asalnya Bashkir Curly.

Kuda Curky (Foto: odditycentral) 

Baca juga: Amukan Chef Juna dan Renatta Bikin Adit Mati Kutu di Gallery MasterChef

Sementara itu sejarah Bashkir Curly yang asli masih diselimuti misteri, asal-usul Bashkir Curly Amerika sedikit terungkap. Kuda Curlies di Amerika Serikat dapat ditelusuri kawasan pegunungan Damele, di negara terpencil di tengah Nevada, dekat Austin. Ini merupakan tempat mereka pertama kali dibesarkan oleh Peter Damele dan ayahnya pada 1898.

Menurut situs web Oklahoma State University, suatu hari Peter dan ayahnya tengah berkuda di pegunungan ketika mereka melihat tiga kuda dengan rambut keriting di seluruh tubuh. Melihat hal tersebut, mereka kemudian membawanya kembali ke peternakan.

Sejak 1898, selalu ada kuda berbulu keriting di pegunungan Damele. Gen yang memberi Bashkir Curlies bulu keriting dapat dilihat di berbagai tempat seperti rambut keriting di dalam telinga dan pada fetlock, hingga tanda-tanda seperti rambut keriting di sekujur tubuh mereka.

Bashkir Curly diyakini sebagai satu-satunya jenis kuda hipoalergenik di dunia. Anehnya, kebanyakan orang yang alergi terhadap kuda, dapat tetap berada di hadapan Curlies tanpa menderita reaksi alergi. Penelitian awal menunjukkan bahwa protein yang sama hilang dari rambut Curlies.

Menariknya, Bashkir Curlies hadir dalam semua warna kuda yang umum, dari Palomino, hingga Appaloosa dan Pinto. Mereka berukuran sedang dan dikenal memiliki tubuh yang kuat dan stamina yang hebat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini