6 Cara Membersihkan dan Sterilkan Alat Rias Anda

Novia, Jurnalis · Minggu 01 November 2020 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 31 611 2302156 6-cara-membersihkan-dan-sterilkan-alat-rias-anda-TaY5dNyLR9.jpg Ilustrasi alat makeup (Foto: Freepik)

Menghapus makeup sangat penting untuk menjaga kulit tetap bersih dan sehat. Selain mengikuti rutinitas perawatan kulit yang teratur, menjaga peralatan makeup Anda tetap bersih dan higienis sangat penting untuk menghindari masalah kulit.

Sel kulit mati, kotoran, minyak, dan bakteri dapat menumpuk di spons alas bedak, kuas riasan, dan bahkan lipstik. Menggunakan peralatan rias yang kotor dan tak higienis dapat menyebabkan iritasi kulit, kemerahan, ruam, pori-pori tersumbat, komedo, bahkan jerawat.

Oleh karena itu, alat-alat makeup harus rutin dibersihkan minimal seminggu sekali agar tidak terjadi iritasi pada kulit. Berikut adalah cara membersihkan alat makeup Anda, simak ya.

Ilustrasi makeup 

Baca juga: Edan, Peneliti Ini Sengaja Membuat Dirinya Terkena Covid-19 untuk Uji Coba

1. Kuas rias

Bersihkan kuas makeup Anda dari alas bedak dan kotoran perona mata, Anda dapat menggunakan pembersih kuas atau handuk kertas agar lebih cepat. Untuk menghilangkan riasan berlebih di bulu kuas, cuci kuas riasan dengan air dingin atau hangat dan pembersih kuas.

Putar sikat di telapak tangan Anda saat mencucinya untuk memastikan tidak ada kotoran yang tertinggal di dalam bulu sikat. Bilas sampai terlihat bersih. Setelah selesai mencuci, letakkan sikat di atas meja dan biarkan mengering.

2. Spons rias

Alat rias wajah seperti spons harus dibiarkan kering setelah digunakan, jika tidak jamur dapat tumbuh di dalamnya.

Caranya membersihkan, gosok dan peras spons dengan lembut di bawah air mengalir sampai benar-benar basah. Tambahkan sabun ke spons, dan pijat spons dengan baik. Peras dan bilas hingga airnya jernih, sekarang tinggal keringkan spons rias.

3. Foundation cair atau krim

Untuk barang yang secara teknis tidak dapat Anda bersihkan, seperti krim alas bedak, cara terbaik untuk menjaga kebersihan adalah dengan tidak mencelupkan jari ke dalamnya. Gunakan aplikator sanitasi, seperti cotton bud bersih untuk mengambil produk.

4. Lipstik dan concealer

Putar sedikit tutup dari produk Anda dan kemudian gunakan cotton bud untuk menghilangkan lapisan tipisnya. Kemudian semprot area yang terbuka dengan alkohol isopropil untuk membersihkannya. Lap bersih atau biarkan mengering. Sebaiknya Anda juga membersihkan lipstik dan concealer setidaknya sekali seminggu.

Makeup masker 

5. Pensil

Pertajam pensil eyeliner dan lipliner Anda sebelum digunakan. Jika Anda menggunakan produk yang dapat ditarik, semprotkan sedikit alkohol, lalu gosok ke kapas dan seka ujung pensil sebelum menggunakannya.

6. Bubuk bedak

Kotoran dan minyak dapat terkumpul pada produk makeup bedak padat Anda seperti eyeshadow, blush on, bronzer. Dengan menggunakan pisau mentega, kikis perlahan lapisan tipis produk. Kemudian semprotkan sedikit alkohol dan biarkan mengering.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini