3 Starter Pack Melihara Cupang

Wilda Fajriah, Jurnalis · Minggu 01 November 2020 00:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 31 612 2302162 3-starter-pack-melihara-cupang-jbBY3RGC8q.jpg Ilustrasi Ikan Cupang. (Foto: Freepik)

IKAN cupang nampaknya menjadi salah satu ikan hias paling digemari selama pandemi virus corona (covid-19). Bahkan, beberapa selebriti seperti Gisel dan Gempi pun turut memeliharan ikan ini.

Memang, cupang tergolong ikan hias yang mudah dirawat dan memiliki ketahanan hidup lebih tinggi. Tapi, meski mudah dan tidak membutuhkan perawatan ekstra, Anda perlu menyiapkan beberapa perlengkapan untuk memelihara cupang, sebagaimana dirangkum dari Japanese Fighting Fish.

Ember atau wadah berukuran besar

Ember atau wadah besar adalah perlengkapan penting selama proses penggantian air ikan cupang. Setiap minggu Anda harus membuang 10 sampai 15 persen air akuarium dan terkadang air harus dikosongkan seutuhnya. Ember dapat berguna dalam hal lain, seperti tempat membersihkan ornamen akuarium atau tempat menyimpan semua peralatan akuarium Anda yang lain.

Selama Pandemi, Penjualan Ikan Cupang Terus Naik

Siphon

Siphon merupakan alat yang penting untuk perawatan akuarium ikan cupang. Selain berfungsi mengeluarkan air dan memindahkannya ke ember, alat ini juga dapat digunakan untuk membersihkan kotoran ikan. Siphon bekerja dengan menekan pompa kecil yang ada di tangan secara manual.

Kondisioner air

Air bersih adalah kunci utama dalam pemeliharaan akuarium. Tanpa air bersih, ikan akan sakit dan mati. Kondisioner air ini dapat menghilangkan segala sesuatu yang berbahaya bagi ikan yang dapat ditemukan di air keran misalnya sisa klorin.

Baca Selengkapnya: Ingin Pelihara Ikan Cupang? Siapkan Dulu Perlengkapan Ini

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini