5 Manfaat Konsumsi Kunyit Setiap Hari, Apa Saja?

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 02 November 2020 13:25 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 298 2302739 5-manfaat-konsumsi-kunyit-setiap-hari-apa-saja-k0Q78Fmibf.jpg Manfaat kunyit (Foto: Pinterest)

Selain memberi warna kuning cerah pada kari, kunyit juga memiliki sejarah panjang dalam penggunaan obat. Selama bertahun-tahun, bahkan sains telah mendukung manfaat kunyit secara keseluruhan.

Kunyit dikenal karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya. Kukurmin yang terkandung di dalamnya juga memiliki manfaat kesehatan. Banyak penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi kunyit baik untuk tubuh maupun otak, asalkan Anda mengkonsumsinya secara teratur.

Melansir Times of India pada Senin (2/11/2020), berikut adalah 5 hal yang akan terjadi jika Anda menambahkan kunyit dalam makanan harian Anda.

 kunyit

1. Berat badan turun

Bagi Anda yang ingin mengecilkan pinggang, kunyit adalah jawaban untuk masalah Anda. Senyawa aktif dalam bumbu kurkumin dipercaya dapat menurunkan Indeks Massa Tubuh (IMT). Ini dapat mengurangi peradangan terkait obesitas di tubuh dan mempercepat proses pembakaran lemak.

2. Mengurangi masalah kulit

Baik itu eksim, jerawat atau psoriasis, mengonsumsi bumbu kuning ini setiap hari dapat membantu memperbaiki berbagai kondisi kulit. Sifat anti-inflamasi, antimikroba, dan antioksidan dari kunyit membantu mengatasi masalah terkait kulit dan membuat kulit Anda kenyal dan bebas noda.

3. Kadar kolesterol Anda akan seimbang

Kolesterol tinggi sering terjadi pada orang usia lanjut. Ini adalah kondisi serius karena dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang parah seperti serangan jantung. Bumbu kuning yang biasa kita gunakan untuk membuat kari ini dapat mengurangi risiko masalah jantung dan kolesterol tinggi.

 

4. Kadar gula darah stabil

Ketika dikonsumsi dalam jumlah sedang, kunyit dapat membantu mengembalikan kadar gula darah Anda ke normal. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Nutrition & Intermediary Metabolism menunjukkan bahwa kunyit dapat bekerja sebagai agen hipoglikemik yakni menurunkan dan membantu mengontrol glukosa darah pada orang yang menderita diabetes tipe 2. Ini juga efektif dalam mencegah komplikasi terkait kesehatan lainnya yang disebabkan karena diabetes.

Baca juga: Libur Panjang Usai, Wisatawan Mulai Tinggalkan Bali

5. Suasana hati Anda akan jadi lebih baik

Kunyit juga bisa mencerahkan hari-harimu yang membosanka. Studi menunjukkan bahwa meningkatkan asupan bumbu berwarna emas ini saat menderita depresi bisa sangat membantu. Ini mungkin tidak hanya mengurangi gejala depresi dan kecemasan tetapi juga dapat mengangkat suasana hati Anda.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini