5 Makanan yang Bisa Menghidrasi Tubuh, Konsumsi Yuk

Wilda Fajriah, Jurnalis · Senin 02 November 2020 16:53 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 298 2302911 5-makanan-yang-bisa-menghidrasi-tubuh-konsumsi-yuk-ra28oBcHup.jpg Minyak zaitun (Foto: Times of India)

Beberapa pekan ini, sebagian besar daerah di Indonesia diguyur hujan. Akibatnya, udara pun terasa lebih dingin dari biasanya. Jika cuaca dingin, maka kebanyakan orang menjadi lebih jarang minum karena tidak merasa haus.

Padahal, di musim apapun, tubuh kita membutuhkan kadar air yang sama. Jika Anda mengurangi frekuensi minum, otomatis tubuh akan dehidrasi.

Oleh karena itu, melansir Times of India, berikut 5 makanan yang bisa membantu tubuh tetap terhidrasi yang bisa Anda konsumsi saat frekuensi minum Anda berkurang.

 bayam

1. Bayam

Kaya akan berbagai nutrisi, bayam memiliki manfaat luar biasa untuk kulit, rambut, dan membantu menahan air di tubuh Anda selama udara dingin. Sayuran berdaun hijau memiliki lebih dari 90 persen air. Tidak hanya itu, bayam juga mengandung lutein, potasium, serat, folat, dan vitamin E. Semua ini menjadikan bayam makanan yang sempurna untuk dikonsumsi saat udara dingin.

2. Minyak zaitun

Kita semua tahu bahwa minyak zaitun adalah salah satu pilihan minyak terbaik untuk memasak sayuran. Minyak zaitun kaya akan nutrisi seperti vitamin E, lemak baik dan melembabkan tubuh Anda dari dalam. Mengoleskan minyak zaitun pada kulit dapat membantu menjaga kulit Anda tetap ternutrisi, yang menjadikan minyak zaitun sebagai pelembab yang bagus saat udara dingin.

3. Tomat

Digunakan untuk membuat beberapa kari dan lentil, tomat adalah salah satu sayuran yang paling umum digunakan. Tomat memiliki 90 persen kandungan air, yang membantu tubuh untuk tetap mendapat nutrisi dari dalam. Tomat membantu menurunkan berat badan. Kabar terbaiknya adalah, Anda juga bisa mengkonsumsi tomat dalam keadaan mentah.

4. Kembang kol

Kembang kol adalah salah satu sayuran yang disukai banyak orang. Ini bisa dimasukkan dalam salad, sup, kari dan nasi. Sayuran ini juga penuh dengan air. Secangkir kembang kol cincang bisa memberi Anda 50 ml air.

Baca juga: Libur Panjang Usai, Wisatawan Mulai Tinggalkan Bali

5. Paprika

Paprika kuning dan hijau memiliki kandungan air yang tinggi dan dengan demikian bekerja luar biasa dalam menjaga Anda tetap terhidrasi. Berdasarkan penelitian, paprika memiliki 93,9 persen air. Ia juga memiliki Vitamin C, Vitamin B6, beta-karoten, tiamin dan asam folat.

(DRM)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini