Begini Peran Vaksin Covid-19 dalam Tubuh Manusia

Anjasman Situmorang, Jurnalis · Senin 02 November 2020 17:20 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 481 2302932 begini-peran-vaksin-covid-19-dalam-tubuh-manusia-2lte7L2Z5F.jpg (Foto: Shutterstock)

Vaksin Covid-19 saat ini menjadi isu hangat yang banyak diperbincangkan masyarakat. Banyak pro dan kontra yang muncul meskipun vaksin ini masih dalam tahap proses.

Komite Penanganan Coronavirus Disease 2019 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) bersama Kemenkes RI melibatkan BPOM sampai MUI untuk pengujian vaksin di Indonesia. Vaksin ini dinilai mampu menekan angka penyebaran kasus virus corona di Indonesia. Lalu, bagaimana peran vaksin di dalam tubuh manusia?

Sederhananya, vaksin ini akan melatih tubuh untuk mengenal, kemudian melawan dan membuat kebal terhadap bakteri dan virus. Dikutip dari laman resmi Satgas Penanganan Covid-19, Senin (2/11/2020), vaksin adalah produk biologis yang diberikan kepada seseorang untuk melindunginya dari penyakit yang melemahkan, bahkan mengancam jiwa.

Vaksin ini akan membantu sistem kekebalan tubuh melawan infeksi secara efisien dengan mengaktifkan respon tubuh terhadap penyakit tertentu.

 Vaksin Covid-19 saat ini menjadi isu hangat yang banyak diperbincangkan masyarakat.

Baca juga: Buat Makan Siang, Bikin Tumis Ayam Fillet Yuk

Hal ini bersesuaian dengan laporan Immunology dalam pemberitaan Okezone.com, 31 Oktober 2020 yang menyebutkan bahwa sistem kekebalan merupakan jaringan sel, organ tisu, dan organ yang bekerjasama untuk membantu melawan infeksi dari bakteri atau virus. Ketika agen penyebab penyakit seperti virus dan bakteri menyerang tubuh sistem kekebalan akan mengenalinya sebagai sesuatu yang berbahaya dan akan memicu respon untuk menghancurkannya.

Namun sistem kekebalan tidak selalu menang melawan berbagai virus dan bakteri berbahaya. Maka dari itu perlu adanya vaksinasi untuk memperkuat perlawanan. Sistem kekebalan akan mengingat penyakit tersebut. Jadi setiap orang yang divaksinasi, tubuh mereka siap untuk melawan dan mencegah infeksi berkembang.

Pemerintah Indonesia saat ini telah mengidentifikasi dan menjajaki kerja sama dengan 4 produsen vaksin, yakni Sinovac, Sinopharm, CanSino, dan AstraZeneca. Keempat produsen ini telah berkomitmen untuk mengirimkan vaksin Covid-19 ke Indonesia.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini