Musim Hujan, Yuk Tingkatkan Imunitas Tubuh dengan Obat Herbal

Leonardus Selwyn Kangsaputra, Jurnalis · Senin 02 November 2020 21:05 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 481 2302995 musim-hujan-yuk-tingkatkan-imunitas-tubuh-dengan-obat-herbal-ohOPMQtm5m.jpg Ilustrasi Musim Hujan. (Foto: Okezone)

IMUNITAS tubuh yang kuat sangat diperlukan selama masa pandemi virus corona Covid-19. Alhasil mengonsumsi suplemen herbal sangat dianjurkan.

Selain aman untuk dikonsumsi semua kalangan, suplemen herbal juga dapat membantu tubuh terhindar dari berbagai kuman dan penyakit yang menyerang selama masa libur panjang akhir bulan.

Ketua Umum Perkumpulan Dokter Pengembang Obat Tradisional dan Jamu Indonesia (PDPOTJI), Dr. (Cand.) dr. Inggrid Tania, M.Si mengatakan beberapa obat herbal mengandung banyak imunomodulator yang berfungsi untuk mengaktifkan mekanisme pertahanan alamiah maupun adaptif.

rempah

Imunomodulator sendiri, dapat mengembalikan ketidakseimbangan sistem imun yang terganggu. Kunyit merupakan salah satu rempah yang memiliki khasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Tidak hanya kunyit, bahkan daun kelor dan meniran juga memiliki khasiat yang sama. Ketiga jenis rempah bahan alami tersebut dipercaya dapat menjadi imunomodulator.

Imunomodulator adalah zat yang berfungsi memperkuat sistem imun tubuh, sehingga mampu melindungi tubuh secara optimal dari infeksi atau mikroorganisme seperti virus, bakteri atau parasit.

“Imunomodulator dibagi menjadi dua. Imunostimulan yang berfungsi meningkatkan kerja komponen-komponen sistem imun dan imunisupresif yang digunakan untuk menekan respons imun, meredakan hiperinflamasi, mengatasi penyakit autoimun dan mencegah penolakan transplantasi,” terang dr. Inggrid, dalam siaran persnya.

Lebih lanjut dr. Inggrid menjelaskan, ada tanaman yang mengandung Imunomodulator, salah satunya adalah echinacea. Menurutnya tanaman ini bersifat imunostimulasi yang efektif mempercepat penyembuhan selesma dan infeksi saluran pernapasan atas.

Meniran menjadi tanaman lainnya yang bersifat imunostimulasi untuk mempercepat penyembuhan infeksi virus cacar air. Tanaman ini juga aman untuk digunakan dalam jangka panjang.

“Kunyit juga tak kalah khasiatnya. Mereka bersifat imunostimulasi anti-radang dan mampu memelihara serta memperbaiki sistem pencernaan. Sedangkan daun kelor bisa menjadi sumber nutrisi yang baik karena kaya akan kalsium, zat besi, fosfor, kalium, zinc, protein, vitamin A, vitamin B, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin K, asam folat dan biotin,” tuntasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini